Ratusan Peserta Tes Rebut Program Kelas Unggulan MTsN 7 Kediri

MTsN 7 Kediri (10/03/24) MTsN 7 Kediri pada hari ini menyelenggarakan tes penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) program unggulan. Tes ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswi yang memiliki potensi di seluruh bidang studi.

Tes yang dilaksanakan pada pukul 07.30 hingga 10.00 WIB tersebut diikuti oleh 120 peserta. Kegiatan test bertempat di ruang kelas unggulan. Sebelum tes berlangsung diawali apel pagi di halaman tengah madrasah. Apel pagi tersebut dihadiri oleh seluruh peserta tes, beberapa guru yang bertugas menjadi pengawas, serta anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang bertugas sebagai panitia.

Abas Shofwan, kepala MTsN 7 Kediri menjelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang akan diperoleh jika peserta test, berhasil lolos di program unggulan MTsN 7 Kediri. 

"Untuk kelas 7 ini ada program outbound di luar madrasah, kemudian untuk kelas 8 nanti ada Inggris Arabic camp nanti diajak ngecamp bukan berarti mendirikan tenda, melainkan di penginapan," ungkap Abas.

Dia juga menjelaskan tentang program lain dalam tiap tingkatan.

 "Untuk kelas 9 kalian akan diajak kunjungan studi. Selain itu juga MTsN 7 Kediri diberikan izin oleh kementerian agama Republik Indonesia memberikan layanan SKS, jadi untuk kelas 7 sekarang sudah sistem SKS di mana di layanan ini ada yang diberikan atau istilahnya barang siapa siswa-siswi yang memiliki kemampuan belajar di atas rata-rata atau cepat menangkap materi akan menjadi kesempatan besar bagi mereka," papar Abas Shofwan. 

Selanjutnya, pembinaan seputar teknis pelaksanaan tes diberikan oleh Muksin Zeni dan Nurul Latifatul.

"Untuk pengerjaan tes tidak langsung bersambung satu mapel ke mapel lain, jadi harus memilih satu persatu mapel. Misal memilih mapel matematika diselesaikan terlebih dahulu matematikanya kemudian kembali ke beranda lalu klik mapel yang akan dikerjakan selanjutnya dan seterusnya seperti itu, waktu pengerjaan tes adalah 2 jam," jelas Nurul Latifatul.

Sebelum peserta tes memasuki ruangan, dilakukan do'a bersama yang dipimpin oleh Azmil Amin. Tes dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. 

Tes ini merupakan bagian dari upaya madrasah dalam memastikan bahwa calon siswa-siswi yang diterima memiliki potensi yang sesuai dengan standar pendidikan yang diinginkan. Dengan demikian, MTsN 7 Kediri dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat yang lebih tinggi.


Reporter: Unzila Shafa' A. (8A)

Kameraman: Ibnu Aqil A. (8F), Faradhea Rifda H. (7A), Reva Nur A. (7J)

Penulis: Zulva Nadhivatus S. (8A)

Post a Comment

Previous Post Next Post