Iduladha, MTsN 7 Kediri Kurban dua Ekor Sapi

01 Juli 2023. Setelah dua hari lalu (29/6/2023) civitas MTsN 7 Kediri melaksanakan shata Iduladha di halaman madrasah, hari ini keluarga besar madrasah melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB bertempat di halaman gerbang timur madrasah, tepatnya di depan masjid Al-Khausar. 

Dua ekor tersebut, satu ekor berasal dari 7 guru dan satu ekor dari seluruh siswa madrasah. 

"Untuk kali ini yang melaksanakan kurban, yaitu, Pak Abas, Bu Eni, Bu Muklisotin, Bu Dwi, Bu Siti,  Bu Wiwin, dan Pak Kholik," ungkap Azmil Amin koordinator Keagamaan MTsN 7 Kediri.

Dia juga menjelaskan bahwa harta yang kita miliki adalah milik Allah, sehingga harta yang kita raih hanyalah titipan, sehingga kurban menjadi pelajaran penting bagi setiap orang.

Sementara itu Abas Shofwan, Kepala MTsN 7 Kediri ditempat terpisah usai kegiatan juga menyampaikan bahwa diantara dua hewan tersebut adalah hasil iuran anak-anak. 

"Ini sebagai pembelajaran  agar ke depannya  anak-anak biasa berkurban," jelas Abas.

Selain itu Abas juga menjelaskan bahwa 7 guru telah menyisihkan rizkinya untuk dibelikan seekor sapi kurban. Dari penyembelihan tersebut dapat dibagikan kepada masyarakat sekitar madrasah atau orang-orang yang membutuhkan.

Dalam pelaksanaan penyembelihan, semua panitia yang terdiri dari guru, dan Osis. Mereka  bahu membahu memilah-milah daging dan memotong daging dalam bentuk kecil-kecil, kemudian dimasukkan dalam besek (wadah yang terbuat dari anyaman bambu) serta wadah plastik (keresek) yang dilapisi daun pohon jati. 

Setelah selesai daging-daging tersebut dibagikan kepada yang berhak menerima, diantaranya masyarakat sekitar madrasah dan para  siswa-siswi MTsN 7 Kediri.


Reporter: Andin Sarahizzat Imran

Fotografer: Safira Muthia Hakim, Salma Dini Nurussifa

Penulis: Prilly Wulandari Nur Rizwan

Editor: Tim jurnalis

Post a Comment

Previous Post Next Post