Civitas MTsN 7 Kediri laksanakan Shalat Idul Adha di Halaman Madrasah

Kamis, 29 Juni 2023 sejak pagi buta takbir berkumandang dari  madrasah yang beralamat di jalan Kebonsari no 1 Kencong Kepung. Para jamaah datang berduyun-duyun kemudian menyiapkan tempat shalat jamaah. Tepat pukul 06.00 WIB rangkaian kegiatan shalat Idul Adha dimulai. Shalat jamaah tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, staf, dan siswa.

Abas Shofwan, kepala MTsN 7 Kediri sebelum ibadah Salat dimulai menyerukan untuk senantiasa bersyukur.

"Kita harus bersyukur dengan cara berkorban," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa keluarga besar MTsN 7 Kediri besok akan melaksanakan penyembelihan Dua ekor sapi, yaitu satu untuk 7 orang guru, dan satu untuk siswa.

Sementara itu dalam khutbahnya Ustadz Khoirudin menyampaikan tentang pentingnya kurban. 

"Kurban adalah peristiwa monumental, yang selain memiliki nilai sejarah, juga mengandung nilai ibadah dan hikmah. Seorang rasul diperintah oleh Allah menyembelih anak kesayangannya, sebagai ketaatannya sebagai hamba Tuhan."

Ustadz Khoirudin juga memaparkan nilai pendidikan yang dapat dipetik, diantaranya menjalani perilaku sabar, tawakal, dan ketauhidan.

"Nabi Allah Ibrahim menjalani perintah Allah dengan penuh kesabaran, beliau mencontohkan diantaranya tentang akhlak, agar manusia tidak berprasangka buruk terhadap apa yang menimpa dirinya. Padahal belum tahu kejutan, atau bahkan hikmah, atas apa yang digariskan Allah kepadanya."

Usai kegiatan berlangsung, semua jamaah bersalam-salaman.

Reporter, penulis, editor: Tim Jurnalis 

Post a Comment

Previous Post Next Post