MTsN 7 Kediri laksanakan English and Arabic Camp, Kelas Excellent di Telaga Sarangan

Magetan, 19 Juni 2023. Sejak 17 Juni 2023 lalu, kelas 8 program unggulan MTsN 7 Kediri melaksanakan kegiatan English and Arabic Camp di Telaga Sarangan Magetan. 

Dalam pidato pembukaan berbahasa Inggris, Abas Shofwan, kepala MTsN 7 Kediri menyampaikan, 

"This program is designed for students to experience learning activities at the outside  of classroom. The activity will encerage  the students to study English and Arabic in fun way.  So, I hope all the students could enjoy this program and be active in all activities don't be shy to practice your English and Arabic. Be  confident to express your."

(Program ini dirancang bagi siswa untuk kegiatan belajar di luar kelas. Kegiatan ini akan mendorong siswa untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan. Jadi, saya harap semua siswa dapat menikmati program ini dan aktif dalam semua kegiatan, kalian  jangan malu untuk melatih bahasa Inggris dan bahasa Arab. Percaya diri untuk mengekspresikan bakat kalian.)*


Excellent class itu nampak antusias, sejak kehadirannya di Hotel Merah, mereka langsung dihadapkan pada permainan yang amat seru. Para peserta diminta menyusun huruf yang disediakan panitia menjadi kalimat bahasa Inggris dan bahasa Arab. Namun, sebelum itu para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Nilai dari kelompok cat, elephant, dan lain sebagainya.


Pada malam harinya mereka juga dihadapkan pada atraksi yang cukup seru, yaitu dengan menampilkan drama berbahasa Arab dan Inggris.  Tema-tema para peserta cukup bervariasi, mulai Malin Kundang, Cinderella, serta cerita Raja Firaun, dan masih banyak lagi.

Pada hari kedua, para peserta berjelajah mengelilingi danau sambil menyibak misteri atau teka teki tentang terbunuhnya seseorang. Selama pencarian hanya boleh menggunakan bahasa English dan bahasa Arab. Untuk memecahkan misteri mereka harus melalui 7 post, dan di post 7 peserta harus membuat kesimpulan dari misteri tersebut.

Kegiatan malam, tak kalah seru, para peserta menunjukkan kebolehannya dalam olah seni, dengan  menyanyi bahasa Arab dan Inggris, serta aktraksi dance. 

Hari ketiga merupakan puncak acara, panitia mengumumkan para pemenang dari berbagai atraksi. Para peserta riuh, bertepuk tangan, ketika nama timnya dipanggil sebagai juara.

Dalam pidato penutup Abas, menyampaikan dalam bahasa Arab.

من هذا البرنامج سننتج ان من اشراط مهارة اللغة الاجنبية احتياجا الى البيئة وما قد عملتمه من انواع البيئات، في الحقيقة اتعجب منكم كل العجب ايها الاولاد

ولكن انصح لكم يجب عليكم ان ترفعوا اجتهادكم ودرجاتكم في هذين اللغتين اللتان هما لغتان عالميتان بقبضهما ستملكون الدنيا

(Bahwa untuk menguasai bahasa asing, baik bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya dibutuhkan *bi'ah* atau komunitas atau lingkungan yang bernuansa kebahasaan asing tersebut. Program ini adalah langkah awal dalam usaha menciptakan komunitas tersebut, dan ada kebanggaan besar terhadap apa yang telah dilakukan oleh para siswa MTsN 7 Kediri. Dua bahasa asing ini adalah bahasa internasional yang dengan menguasainya menjadikan kita bisa menguasai dunia).

Usai kegiatan Raya Latisha Zeka Cahyana kelas 8C, mengungkapkan kesannya, "Dari kegiatan ini saya dapat menemukan pengalaman baru, sangat seru, bisa menambah kekompakan tim.  sini Saya juga lebih banyak mengerti mengenai bahasa Inggris dan bahasa Arab yang sebelumnya belum saya ketahui."

Hafie Maulana Al Hakim juga menyampaikan pendapat senada, bahwa kegiatan tersebut melatih untuk menjaga kekompakan sesama, dan meningkatkan kemampuan untuk hidup mandiri.

"Drama dan adventure sangat terkesan bagi saya," ungkap siswa kelas 8D yang pernah menjuarai lomba pidato bahasa Arab tersebut.

Reporter, editor : Jurnalis

Post a Comment

Previous Post Next Post