Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri praktik Ecobrick

Jumat 16 Juni 2023, tim Adiwiyata dan Madrasah sehat MTsN 7 Kediri melaksanakan sosialisasi sekaligus praktik Ecobrick. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjenjang. Dimulai dari perwakilan yang dipandu langsung oleh tim, kemudian perwakilan tersebut melaksanakan sosialisasi di kelasnya masing-masing.

Istiqomah menyampaikan, "Kegiatan sosialisasi ecobrick ini dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 5 anak di setiap kelas yang sekaligus 5 anak ini nantinya bertugas memberikan sosialisasi pada teman-temannya di kelas masing-masing. Gerakan satu siswa satu ecobrick setiap tahun bertujuan untuk memberikan edukasi bagaimana kita bisa peduli dengan lingkungan khususnya memanfaatkan sampah plastik untuk menjadi karya yang tepat guna."

Tri Lestasi dan istiqomah menjelaskan satu-persatu mulai dari tujuan, manfaat, hingga praktik pembuatan Ecobrik.

"Sampah-sampah plastik ini dimasukan ke botol Aqua, kemudian dipadatkan," suara keduanya sambil memegang botol dan sampah plastik, serta stik yang berfungsi untuk memadatkan di depan para peserta.

Terlihat semua peserta memperhatikan, dan mengikuti intruksi pembimbing. Anak-anak memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik.

"Kebetulan tema hari lingkungan hidup sedunia. Mengurangi sampah plastik, salah satu upayanya membuat ecobrick," ungkap Tri Lestari dengan masih membawa botol yang berisi sampah plastik yang dipadatkan.

"Hari Senin, insyaallah kita lanjutkan," sambungnya.

Reporter, editor : Tim Jurnalistik

Post a Comment

Previous Post Next Post