Jumat Legi, Masjid Al-Khausar MTsN 7 Kediri Lantunkan Diba'iyah

MTsN7 Kdr (23/02/2023) Alunan shalawat nabi berkumandang mengagungkan junjungan kanjeng Rasul Muhammad SAW, namun di hari yang sama, kadang juga terdengar bacaan ayat-ayat Qur'an dari Masjid Al-Khausar MTsN 7 Kediri. Masjid tersebut terletak di  halaman gerbang timur madrasah. Kegiatan itu menjadi rutinitas tiap Jum'at Legi. Selain  diikuti oleh siswa MTsN 7 Kediri, juga guru-guru yang mempunyai waktu luang, di sela-sela proses Kegiatan belajar mengajar, khusus bagi guru yang tidak terdapat jadwal mengajar.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan  rutin Jumat legi," ungkap Abdul Kholiq selaku pembina dan pendamping kegiatan.

"Kadang khotamil Qur'an kadang diba'an. Gantian. Rutinan ini Diikuti perwakilan semua kelas masing-masing 2 anak, dan bergantian," tutur pria yang mengampu mata pelajaran bahasa bahasa Arab tersebut.

Abdul juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memakmurkan masjid, serta sebagai bukti cinta kepada Rasulullah  Muhammad SAW, juga  mengenalkan pada anak-anak tentang sejarah nabi Muhammad SAW yang ada di kitab Diba'.

 "Dalam bagian-bagiannya ada yang dibaca biasa, dan ada syair-syair yang dilantunkan dengan lagu," pungkas Abdul Kholiq.

Anak-anak nampak antusias, mereka secara bergantian membaca kitab Diba', dan melantunkan syair-syair yang ada di dalamnya.

Reporter, penulis dan editor: Tim Jurnalis.

Post a Comment

Previous Post Next Post