Bersiap Menuju Adiwiyata Mandiri, MTsN 2 Kediri Studi Tiru ke MTsN 7 Kediri

Kab. Kediri (28/02/2023) MTsN 2 Kediri melaksanakan studi banding Madrasah Adiwiyata Mandiri ke MTsN 7 Kediri. Rombongan studi banding dipimpin langsung oleh Jamiludin kepala MTsN 2 Kediri dan disambut oleh Abas Shofwan kepala MTsN 7 Kediri beserta staf. Kegiatan ini dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB yang dilaksanakan di Meeting Room MTsN 7 Kediri. 

"Selamat datang kami sampaikan," ungkap Abas sebelum memulai sambutannya. Sebelum sambutan dari Abas Shofwan, Jamiludin selaku kepala sekolah MTsN 2 Kediri menyampaikan sambutannya. 

Dalam salah satu sambutannya Jamiludin menyampaikan agar tim Adiwita Mandiri MTsN 7 Kediri untuk membimbing tim Adiwiyata dalam persiapan Adiwiyata Mandiri MTsN 2 Kediri. 

"Mohon bimbingan, apa yang harus kami lakukan dalam persiapan tersebut dibimbing secara fisik maupun administratif," ungkap Jamiludin. 

Abas juga bercerita tentang kronologis tercapainya Adiwiyata Mandiri MTsN 7 Kediri. Dia juga memperkenalkan semua tim yang telah bekerja sehingga mencapai prestasi tersebut. "Mungkin sama dengan Adiwiyata Nasional, hanya saja perlu adanya inovasi-inovasi terkait Adiwiyata," ucap Abas. 

Tri Lestari selaku ketua Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri, memaparkan persiapan-persiapan yang dilakukan sebelum  mengajukan predikat Adiwiyata Mandiri, dengan menambah inovasi yang memanfaatkan momen-momen tertentu. Selain itu juga membuat makanan-makanan yang terkait dengan icon Adiwiyata di Madrasah, misalnya abon jantung pisang dan lain-lain. Selain itu juga mengembangkan hidroponik dengan menanam tanaman. Selain itu juga memanfaatkan air untuk memelihara ikan.

"Kami siap membantu apa saja yang diperlukan untuk MTsN 2 Kediri dalam mempersiapkan Adiwiyata Mandiri," ungkap Tri.

Usai pemaparan semua tim berbaur menjadi satu, untuk menggali informasi sesuai pokja-nya masing-masing. Selain itu ada tim lain yang mengantar ke lapangan, untuk melihat kegiatan secara langsung, seperti hidroponik, kolam, ecobrik, dan lain-lain.

Reporter: Nuzulin Ladayka Nur 

Fotografer: Muhammad Ihsan Al-Khamid 

Editor : MQ



Post a Comment

Previous Post Next Post