Siswa MTsN 7 Kediri Agungkan Rasullah dengan Diba'iyah

Sabtu, 15/10/2022. Hari ini MTsN 7 Kediri melaksanakan kegiatan Diba'iyah yang dilakukan di Masjid Al-Kautsar. Kegiatan yang dilakukan pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dibina oleh Abdul Kholik dan Muhammad Arwani. Dua anak sebagai perwakilan dari Diba'iyah, mulai dari kelas 7, 8 hingga 9. 

Azmil Amin, guru pengampu mata pelajaran fikih mengatakan, bahwa tujuan dan harapannya adalah untuk mengagungkan dan mengenang perjalan Nabi Muhammad saw. 

"Diba'an niku istilah orang jawa, kegiatan orang yang bershalawat dengan shalawat yang disusun imam ad diba'i disebut diba'an." Ucap Muhammad Arwani salam satu pembina dan pendamping Diba'iyah.

'Dibaiyah itu berasal dari kata Diba'i, apa itu Diba'i, yaitu nama ayah yang menjadi pengarang sholawat itu, anaknya pengarang sholawat mempunyai ayah, namanya diba i, kemudian sholawat yang di karang beliau disebut dengan nama sholawat dibaiyah atau maulid adibai, orang Jawa menyebut orang yang sedang membaca sholawat dibaiyah dengan kata kata dibaan, lanjut ustaz Arwani, salah satu pengasuh pondok pesantren Mazro'atul Ulum Plumpungrejo Karang Tengah Kandangan tersebut.

Reporter: Nuzulin Ladayka Nur

Kameramen: Muhammad Ihsan Al-Khamid 

Penulis Berita:Nuzulin Ladayka NurEdit

Editor  : Jurnalistik 

Post a Comment

Previous Post Next Post