MTsN 7 Kediri Hadirkan Perpusling dalam Menyambut Hari Perpustakaan International

Rabu, 19 Oktober 2022. Dalam rangka memperingati hari perpustakaan internasional, civitas MTsN 7 Kediri mendatangkan mobil perpustakaan umum keliling, untuk membaca bersama. Mobil perpustakaan dikonsentrasikan di halaman tengah madrasah.  Siswa secara bertahap melakukan antri peminjaman buku. Berbagai judul buku telah disediakan, baik buku-buku fiksi maupun non-fiksi. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 12 itu, disambut antusias oleh para siswa. Mereka memilah buku-buku yang diinginkan. 

Usai membaca, para siswa menulis bacaan yang mereka baca.

"Siswa/siswi memang kami beri tugas untuk menulis apa yang mereka baca. Mulai judul, sinopsis, isi buku, kemudian diberikan pada guru mapel masing-masing," ucap Junaidah kepala Perpustakaan MTsN 7 Kediri. Dia juga mengatakan untuk menghindari kerumuman dan antrean panjang, untuk peminjaman diberi jadwal. Dimulai kelas 7, kemudian kelas 8, dan dilanjutkan kelas 9.

 


Agung salah seorang petugas perpustakaan umum keliling, mengatakan bahwa tujuannya dan harapannya adalah untuk memotivasi untuk lebih giat dalam membaca dan menulis.

Abas Shofwan kepala MTsN 7 Kediri ditemui secara terpisah menyampaikan harapannya, dengan kegiatan tersebut,  diharapkan semua keluarga besar MTsN 7 Kediri termotivasi untuk meningkatkan literasi di Madrasah.

"Dengan adanya kegiatan perpustakaan keliling ini, sangat bagus sekali, karena berkaitan dengan membaca atau di sebut literasi, ini sangat cocok dengan program madrasah, karena kita sebagai madrasah literasi. Ketika ada kegiatan melibatkan dengan hal- hal yang berkaitan dengan literasi ini sangat tepat, dan perpustakaan ini merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan literasi," ungkap Abas Shofwan.

M. Maghfur Qumaidi juga menambahkan, bahwa budaya baca harus selalu ditumbuh kembangkan, agar membaca menjadi kebiasaan, karena membaca merupakan literasi dasar yang harus dimiliki oleh siapapun."

Usai kegiatan, semua siswa  kembali ke kelasnya masing- masing dan mengikuti pelajaran KBM sesuai jadwal.

Reporter: Ananda Dwi Nabila Hasna

Penulis berita: Camila Fadhilah Arifin

Kameramen: Muhammad Ihsan Al- Khamid

Editor.: Jurnalis

Post a Comment

Previous Post Next Post