Pesona Agrowisata Teh Tambi Wonosobo

Oleh: M. Maghfur Qumaidi


Jika jalan-jalan ke Jawa Tengah, jangan lewatkan mampir ke kebun teh Tambi Wonosobo. Selain indah, kebun teh itu mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika berwisata bareng-bareng, di lokasi tersebut tersedia pemandu, yang siap mengantarkan anda, sambil bercerita tentang pesona alam di daerah tersebut.  Karena dekat dengan puncak Dieng, sehingga agro wisata tersebut sepaket dengan wisata lain sekitar Dieng. Lokasi-lokasi itu hanya ditempuh maksimal 30 menit.

Jembatan bambu di tengah Kebun Teh Tambi Wonosobo ini menjadi daya tarik sekaligus spot foto Instagramable. Tentu ini asyik bagi penggila medsos, baik tiktok, Facebook, dan penyuka dan pembuat video pendek. Anda bisa menari-nari ringan, atau lompat-lompat seperti anak usia lima tahun, meski usia hampir mendekati lima puluh tahun atau lewat banyak.

Ternyata kebun teh itu sudah berumur tua, karena ddirikan sejak zaman pemerintah Belanda,  tahun 1865. (Tribun Travel) Jadi wajar jika batang-batang pohon teh sudah berlumut, seperti bonsai.

Bila di sana hawanya dingin, sejuk, dan segar. Memang ketinggiannya lumayan, lokasi tersebut paling tinggi yaitu 1.400 hingga 2.100 meter di atas permukaan laut, di sisi Barat lereng Gunung Sindoro.

Bagi yang belum pernah ke sana,  segara ke Kebun teh Tambi, pasti bisa menikmati keelokan alamnya dan hawa yang segar.

Kalau ada yang tanya, kira-kira elok, sejuk, dan dingin mana antara kebun teh Tambi Wonosobo dengan puncak Bogor atau Bandung.  Tentu kita harus membuktikan bersama-sama, Datang ke Bandung atau Bogor. Karena kita hawa sejuk dan dingin tidak bisa dirasakan dengan gambar atau video. Solusinya untuk bisa ke sana, ya bisa menabung atau usul... Usul ke siapa? Ya siapa saja.

Post a Comment

Previous Post Next Post