Pengarahan Teknis Menulis SKAL Literasi-Moderasi MTsN 7 Kediri

 Senin, 20 Juni 2020. Direncanakan MTsN 7 Kediri akan mengadakan Studi Kenal Alam dan Lingkungan pada tanggal 30 Juni hingga 4 Juli 2022 yang akan datang di Bali. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh siswa kelas 8, kurang lebih 300 peserta. Hari ini diadakan pengarahan untuk penulisan karya tulis. 


Dalam pengarahannya M. Maghfur Qumaidi, S.Pd., M.Si selaku koordinator Penulisan karya tulis mengatakan, Bahwa kegiatan SKAL bertujuan untuk pembelajaran. Sehingga kegiatan tersebut harus ada output atau hasil yang diperoleh. Para peserta benar-benar mendapatkan hasil. Bukan hanya foto-foto selfi atau oleh-oleh makanan, kaos, dan lain-lain. Tapi benar-benar mendapatkan data secara kongrit. Bisa dengan wawancara, mengamati,  menganalisa, dan yang terakhir menuangkannya dalam bentuk tulisan. Untuk itu semua harus memahami bahwa kegiatan ini bukan murni rekreasi atau bersenang-senang. Karena lembaga pendidikan, apapun yang dilakukan adalah bagian dari proses pembelajaran.  

"Tulisan-tulisan itu nanti akan dibuat buku antologi, dan semua peserta wajib menulis," ungkap Maghfur sebelum mengakhiri arahannya.

Dalam kegiatan kepenulisan terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah menulis wisata, dan yang kedua menulis moderasi beragama. Untuk menulis wisata semua peserta diwajibkan untuk menulis, sedangkan untuk moderasi ditulis oleh beberapa siswa yang dipilih kurang lebih berjumlah 30 anak.

Muhammad Arwani, S.Pd.I. Selaku pembina literasi juga menambahkan, bahwa banyak tema-tema yang diangkat dalam menulis selama SKAL.  Terutama terkait dengan budaya dan masyarakat Bali. 

Sementara itu Azmil Amin, S.Ag. berpendapat, di depan anak-anak penulis moderasi beragama, bahwa dalam menulis moderasi tidak boleh mempertentangkan keyakinan. Tapi lebih pada arah bagaimana masyarakat bertoleransi dengan keyakinan yang berbeda."

"Program ini tidak hanya sekedar menulis tapi di sana nanti ada forum diskusi lintas agama, yang dihadiri oleh pengurus PW NU Bali, ketua yayasan Kasih Bunda, dan pemuka agama Hindu," ucap Maghfur ditemui secara terpisah oleh tim Jurnalistik.

Reporter.     : Putri Chakiki 

Penulis berita: Oktiana Fitria Candra Vinata.

Editor.          : Tim Jurnalistik




Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget