Pembinaan MIN 3 Kediri sebagai Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi oleh Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri

Senin 13 Juni 2022 lalu Tim Adiwiyata Nasional MTsN 7 Kediri melakukan pembinaan kepada MIN 3 Kediri sebagai sekolah calon Adiwiyata tingkat Provinsi. Mengingat pada hari ini MIN 3 Kediri akan melakukan Verifikasi Lapangan secara virtual (zoom) oleh verifikator Adiwiyata Provinsi. ketua Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri, Tri Lestari, S.Pd., didampingi oleh 9 pengurus lain, di antaranya  Istiqomah koord. Lapangan, Siti Muthirokah koordinator portofolio, Mukhlisotin komponen kerjasama masyarakat, Juaini Pokja biopori, Pak Aly Mashar pokja kebun dan hutan, Ali  Ashar Pokja Sampah, dan seorang siswa duta Adiwiyata.

J


Tiba pukul 09.15 WIB di MIN 3 Kediri langsung disambut oleh kepala madrasah, guru, serta para peserta didik yang terbagi menjadi pokja-pokja.

Istiqomah saat tiba ditempat langsung memberi pengarahan tentang hal-hal penting yang harus dilakukan Pokja dalan kegiatan verifikasi, baik kepada Siswa maupun guru.

Nur Hasan, Kepala MIN 3 Kediri, saat diwawancarai oleh tim jurnalistik mengatakan, bahwa MIN 3Kediri pada tahun 2019 sudah menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten, kemudian pada tahun 2022 ditunjuk sebagai calon sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Selain itu kepala madrasah yang tanggal 7 Juni 2022 lalu dilantik ini juga mengatakan, bahwa tujuan Adiwiyata agar nanti warga madrasah memiliki sifat untuk peduli terhadap lingkungannya sehingga kegiatan pembelajaran anak-anak pun dapat nyaman dan menyenangkan. Dan harapannya  untuk kedepannya warga madrasah meningkatkan sikap dan perilaku terhadap lingkungan. 

Sementara itu disela-sela melakukan pembinaan Tri Lestari mengungkapkan, bahwa MIN 3 Kediri ini adalah salah satu madrasah Adiwiyata bimbingan MTsN 7 Kediri. Sementata binaan lainnya adalah MTsN 8 Kediri, MTsN 5 Kediri, MIN 3 Kediri, dan MAN 2 Kediri.

"MTsN 7 Kediri sendiri sudah meraih tingkat madrasah Adiwiyata Nasional dan mempersiapkan untuk menjadi madrasah Adiwiyata mandiri," ucap Tri Lestari S.Pd.

"Kegiatan anak-anak disini jika ada waktu luang biasanya juga ikut kerja bakti membantu membersihkan halaman sesuai Pokja," Sugeng Budiutomo, selaku guru pembina Adiwiyata MIN 3 Kediri.

Nanang Hidayatullah dari Dinas Lingkungan hidup pemerintah kabupaten Kediri menyatakan, bahwa target DLH dalam Program AW yaitu disamping menciptakan lingkungan sehat juga pengurangan sampah yg itu akan di akumulasi laporan Kebijakan Setrategi Daerah (JAKSTRADA) yg akan dilaporkan ke KLHK.

Nanang juga menjelaskan MIN 3 kediri menjadi sasaran. Sebelumnya DLH sudah melaksanakan sosialisasi Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Jatim dengan peserta sekolah baik di bawah naungan Kemenag/Diknas yang sudah masuk nominasi Adiwiyata Kabupaten, dan kami usulkan menjadi CSAP 2022, dan MIN termasuk yang lolos Administrasi, lolos Dokumentasi dan diteruskan verifikasi lapangan oleh TIM DLH Provinsi  Jatim.

"Mohon doanya semoga MIN 3 Kediri  lolos AW Provinsi Jawa Timur 2022," pungkas laki-laki yang biasa disapa Gus Nanang itu.

Reporter: Ananda Dwi Nabila Hasna

 Editor    : M.Q. Tim Jurnalistik 




Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget