Bimtek Pembuatan Ecobrik Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri

Jumat, 17 Juni 2022. Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri menyelenggarakan bimtek pembuatan ekobrik di MTsN 7 Kediri. Bimtek ini bertujuan agar siswa siswi dapat berkerja sama untuk mengurangi sampah plastik.

Acara bimtek ini dimulai pada pukul 07.30 WIB, diawali dengan bacaan basmalah. Lalu penjelasan tentang ekobrik dari Bu Tri Lestari  menjelaskan "Eco yang berarti lingkungan dan brick berarti bata jika di gabungkan secara umum menjadi sebuah bata yang ramah lingkungan."

Selanjutnya sambutan dari bapak Abbas Shofwan selaku kepala Madrasah baru MTsN 7 Kediri "Saya baru mengetahui ecobrik ini ketika saya bertemu Bu Istiqomah sama Bu Rika saat presentasi di Surabaya dan mereka memamerkan ecobrik ini Alhamdulillah pada waktu itu ecobrik ini berhasil meraih juara 2 se-Jawa timur. Padahal ini sebenarnya sepele ya hanya plastik yang di padatkan di dalam botol. Jadi ini adalah ide yang bagus bagaimana kita menyelamatkan lingkungan, dan mari kita bersama-sama membersihkan lingkungan dengan cara yang lebih bijak. Kalau biasanya orang menghancurkan plastik itu dengan cara di bakar tetapi itu akan menimbulkan dampak yang lain, dan disini bisa di katakan reduce yaitu mengurangi sampah," ungkap kepala Madrasah baru tersebut.

Dilanjutkan acara inti yaitu bimtek ecobrik yang di bimbing oleh Bu Tri Lestari serta Bu Istiqomah. Para siswa membuat ecobrik dengan setiap ecobrik mempunyai minimal berat 200g, "membuat ecobrik memang sedikit sulit jika belum terbiasa jadi harus sabar ya," ucap Tri Lestari.

Di akhir acara kami juga mewawancarai Bu Tri Lestari "Manfaat dari ecobrik ini sendiri yaitu mengurangi plastik serta bisa dimanfaatkan untuk batu bata, dan ini juga bisa menjadi solusi masa depan jika sampah plastik menumpuk," ungkapnya.

Reporter : Rensi Dwi Handayani

Fotografer : Avansa Syahputra Pratama, Muhammad Ihsan Al-khamid 

Penulis berita : Ananda Dwi Nabila Hasna

Editor.     : M.Q Tim Jurnalistik

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget