Strategi Belajar Unik, Dania Siswi MTsN 7 Kediri lolos MAN Insan Cedekia

MAN Insan Cedekia menjadi idaman bagi siswa MTs untuk tempat melanjutkan pendidikan. Namun, seleksi yang super ketat tidak semua siswa MTs bisa melanjutkan di lembaga pendidikan tersebut. 

Dania adalah salah satu siswi MTsN 7 Kediri yang beruntung, karena berkesempatan melanjutkan di MAN Insan Cedekia.

"keinginan saya tiba-tiba, dan baru kelas 9 ini," ucapnya saat ditemui pada waktu istirahat pelajaran setelah jam ke empat.

Gadis sederhana itu memang tidak banyak berbicara, namun prestasinya luar biasa,  dia adalah pemenang KSM IPS tingkat kabupaten 2020.

"Siswa-Siswinya di sana banyak yang berprestasi, sehingga saya tertarik untuk melanjutkan di madrasah itu. Saya benar-benar tidak menduga bisa diterima di MAN IC, karena banyak yang menginformasikan masuk ke madrasah itu sulit," tutur bungsu dari empat bersaudara itu dengan mata berbinar  tidak bisa menutupi rasa syukurnya.

Dalam belajar Dania juga punya trik khusus agar materi yang dipelajarinya dapat diserap dengan baik.

"Jangan tunda belajar, apalagi kalau lagi mut,   karena sekali ditunda maka keinginan belajar itu akan hilang," ungkap putri pasangan Masruhan dan Aning Nurul Badriah itu.

"Singkirkan Hp saat membaca buku, karena bila membawa Hp maka lebih banyak melihat HP-nya, dari pada bukunya," lanjutnya.

Terlepas dari itu, gadis Taurus itu juga banyak belajar dari video-video bimbel ruang guru, untuk materi MM, IPA, IPS, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

"Saya belajar mulai bakda Maghrib hingga jam 9," ungkapnya dengan nada datar.

Gadis yang bercita-cita ingin menjadi ahli Geofisika itu, mempunyai cara belajar yang unik dalam belajar. Selain membaca berulang-ulang  dan menandai kata-kata kunci yang dianggap penting, dia juga mengaitkan istilah-istilah materi IPA dengan nama orang yang dikenalinya.

"Terus kalau ingin mudah menghafal versi Dania sendiri itu, dengan cara  mengaitkan dengan sesuatu, apalagi seperti menghafal istilah-istilah itu lebih mudah jika dikaitkan dengan nama-nama orang yang dikenal," jelas gadis pemilik nama 5 huruf itu.

"Contohnya kayak hafalan materi IPA, jenis cacing itu kan ada yang namanya cacing platyhelminthes berupa cacing pipih. Nah itu Dania kaitkan dengan nama kakak, karena namanya Helmi, jadi kalau ada pertanyaan istilahnya cacing pipih itu pokoknya ingat Kak Helmi (platy-helmi-nthes), " ucapnya.

"Kalau untuk pelajaran IPS, saya lebih mudah menggunakan singkatan-singkatan, misalnya pada materi geografi dan sejarah, tentang masa pembentukan bumi.  Nah itu pake huruf depannya seperti ARPAMENO (Arkeikum, Paleozoikum, Mesozaikum, dan Neozoikum)" jelas siswi 9 A tersebut.

Penulis/ Editor : Tim Jurnalis

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget