Marhaban Ya Ramadhan

 Oleh: Putri Chakiki

Tanpa terasa beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan penuh keberkahan dan ampunan bagi kita semua. Ramadhan seperti tamu istimewa yang begitu ditunggu-tunggu kedatangannya. Kedatangannya membawa berbagai kebaikan, keberkahan, rahmat yang berlimpah, serta ampunan atas segala dosa dan kesalahan. Setiap amal perbuatan dilipatgandakan pahalanya, ibadah sunah dipandang nilainya seperti ibadah wajib, ibadah wajib diberikan ganjaran berlipat-lipat. Segala doa pasti didengar oleh Allah. Bahkan, di dalamnya juga terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu malam lailatul qadar.


Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta'ala telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan. Maka dari itu, bulan suci Ramadhan hendaknya disambut dengan penuh persiapan. Inilah sebulan lamanya kita akan membersihkan diri dari segala dosa dan maksiat. Hati kita juga akan terus ditempa untuk menjadi semakin dekat kepada Allah SWT. Menyambut Ramadhan juga hendaknya ingat pada momen Ramadhan lalu. Ingatkan kita ketika menjalani detik-detik akhir Ramadhan tahun lalu. Kita ramai berdoa dan berharap, semoga diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu Ramadhan selanjutnya.


Terlepas dari itu semua, mari bersuka cita menyambut bulan yang dikhususkan untuk kita selaku umat Rasulullah SAW. Bulan yang membuat malaikatpun sampai iri terhadap berlipat gandanya pahala yang diberikan untuk setiap kebaikan yang dilakukan. Akan tetapi, perasaan bahagia tetap tidak boleh menghilangkan sisi kritis kita kepada keadaan, bumi yang sedang dilanda pandemi. Mudah-mudahan keadaan ini tidak mengganggu peningkatan kualitas ibadah kita dan justru menambah khusu’ dalam pelaksanaannya


Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah, bukan bulan yang dijadikan alasan untuk bersantai dan bermalas-malasan. Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan ialah mengaji atau membaca Al Qur’an bersama, hal itu bisa dilakuakn bersama keluarga. membaca Al Qur’an bersama akan menjadikan kita lebih berilmu sebab akan saling mengingatkan jika ada kekurangan atau kesalahan dan dapat memahami maknanya bersama-sama.


bersedekah di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan ialah dengan memotivasi sesama untuk memperbanyak sedekah dan menyalurkan sedekah tersebut kepada yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak anak yatim piatu yang kekurangan, tentu saja boleh untuk mendahulukan orang terdekat atau tetangganya terlebih dahulu sebagai wujud keutamaan bersedekah kepada yang terdekat dahulu.


Sudah selayaknya bulan Ramadhan digunakan untuk berdoa, kita bisa memotivasi teman teman kita untuk mendoakan kebaikan satu sama lain atau mendoakan saudara saudara kita sesama muslim yang mungkin saat ini sedang dalam kondisi susah karena berada dalam bencana,sehingga mereka tidak bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan senyaman kita.tidak semua orang memiliki kemudahan untuk makan dan minum seperti kita, banyak orang di luar sana yang bahkan masih merasa lapar ketika waktunya berbuka puasa karena tidak ada yang bisa dimakan sama sekali, sebab itu jika memang kita mampu, luangkan rezeki untuk berbagi kepada sesama yang kekurangan.


Ada atau tidaknya pandemi ini, Ramadan harus tetap dapat dimaknai sebagai bulan suci yang membawa banyak keberkahan. Hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan agar kegiatan ibadah maupun kegiatan rutin sehari-hari dapat dilaksanakan dengan baik.


Dengan melakukan ziarah ke makam keluarga kita yang sudah meninggal dan mendoakan agar diampuni segala dosa-dosanya, diterangkan dan diluaskan alam kuburnya serta diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT. Saling meminta maaf dan memaafkan kepada kedua orangtua, saudara, kerabat, dan teman-teman kita. Hal ini perlu dilakukan agar kita memasuki bulan ramadhan dengan kebersihan jiwa, ketenangan hati, keikhlasan dan kekhusuan semata hanya ingin mengharapkan keridhaan dari Allah SWT.

Selamat datang Bulan Ramadhan, selamat datang bulan yang penuh berkah bulan yang mana telah diturunkan bagi kita Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan tuntunan kebahagiaan.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget