Diklat Jurnalistik MTsN 7 Kediri bersama Radar Kediri

 Rabu, 09 Maret 2022 MTsN 7 Kediri melaksanakan kegiatan diklat jurnalistik menghadirkan pemateri dari  Jawa Pos Radar Kediri. Kegiatan tersebut dalam rangka membekali tim jurnalis madrasah tentang ilmu kejurnalistikan. Kali ini harian Radar Kediri menghadirkan dua pemateri, Heri Muda Setiawan dan Arif Hanafi. Peserta yang hadir merupakan jurnalis baru yang beberapa bulan lalu telah terpilih dan lolos seleksi sebagai tim jurnalis Teropong Madrasah, koran digital MTsN 7 Kediri. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB, digelar di ruang meeting room madrasah.

Dalam sambutannya  Muhammad Zainuddin S.Pd., M.Pd.I. mengatakan bahwa,

"Karena siswa siswi MTsN 7 Kediri setiap tahunnya ganti, jadi kita akan mengadakan Diklat seperti ini juga untuk anak-anak jurnalis yang baru nanti. Kita harus memperbanyak tim jurnalis agar kita bisa menulis berita setiap hari." 

SelanjutnyaHeri Muda Setiawan sebagai predatur menjelaskan mengenai apa itu jurnalis dan kejurnalistikan.

Kata Heri Muda Setiawan "Menulis itu gampang dan tidak sulit sama sekali. Asal terus menulis pasti akan lebih mudah dan lebih cepat untuk menulis sebuah berita atau artikel." 

Pada penulisan berita juga dibutuhkan wawancara untuk mengetahui informasi informasi yang lebih dalam. Dalam melakukan sebuah wawancara dibutuhkan pertanyaan. Pertanyaan yang akan diajukan harus menyangkut dan menggunakan rumus 5W+1H, yaitu what, who, when, why, where, dan how.

 Arif Hanafi sebagai fotografer, menjelaskan"Bahwa dalam mengambil foto memerlukan dasar-dasar yang harus dikuasi dan dipahami seperti ekspresi, komposisi, angel, dan kreatif." 

Di sela-sela menjelakan materi, Heri Muda Setiawan dan Arif Hanafi memberikan pada dorprize kepada para anggota jurnalis yang berhasil menjawab pertanyaan dari keduanya.

Usai kegiatan berlangsung, Maghfur pembina jurnalis mengatakan bahwa dengan bertambahnya ilmu diharapkan dapat menulis dengan baik dan benar. Harapannya jurnalis akan semakin produktif untuk menyuguhkan berita pada para pembaca.

Reporter: Putri Chakiki, Sofi Aulia Kirana, Rensi Dwi Handayani 

Fotografer: Erni Kurniawati 

Penulis berita:Nuzulin Ladayka Nur 

Editor: Rofi Nuril 'Aisy

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget