Upacara Istmewa di Hari Guru Nasional

Kamis, 25 November 2021. Meski agenda di MTsN7 Kediri hari ini cukup padat, namun tetap semangat melaksanakan upacara memperingati Hari Guru Nasional. Upacara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB. Upacara diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. 

Upacara hari ini cukup istimewa, mengingat semua petugas upacara dari unsur guru. Yunike Claradya Vimannora, S.Pd., bertugas sebagai pembaca protokol upacara, Septa Hendrawan Sugito, S.Pd.I. bertindak sebagai komandan upacara, Dra. Sri Purwati bertugas sebagai pembawa naskah Pancasila, Junaidah, S.Pd., M.Pd.I, bertugas sebagai pembaca naskah UUD 1945, dan Sofwan Hafidz, S.Pd. bertugas sebagai pembaca doa. Sedangkan yang bertindak sebagai inspektur upacara Muhammad Zainuddin, S.Pd., M.Pd.I. kepala MTsN 7 Kediri.

Sebagai inspektur upacara, Zainuddin memberikan amanat  bahwa peran guru sangat penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Juga guru merupakan jalan bagi peserta didik untuk mencapai kesuksesan. Guru juga diharapkan untuk lebih menguatkan nilai-nilai wasathiyah kepada para siswa.

Menurut  Zainuddin,  HGN  tahun 2021 bertema guru peduli cerdaskan anak bangsa, bagaimana kepedulian guru lebih ditingkatkan lagi secara ikhlas dan lebih bertanggung jawab untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa. Dalam hari guru nasional ini memang diutamakan untuk membangkitkan  kembali gairah guru untuk mengajar dan mendidik siswa.  Karena selama pandemi kegiatan pembelajaran diadakan secara daring.

Sementara itu, Dra. Rofiah guru senior yang mengajar puluhan tahun itu, saat ditemui crew jurnalis usai mengikuti upacara, menyatakan bahwa Peringatan hari ini sangat istimewa bagi guru, karena guru sebagai penuntun atau pengantar pendidik untuk menuju ke jenjang yang lebih baik. Dengan rangkulan bapak/ibu guru anak-anak bisa terarah untuk mencapai cita-citanya. Anak-anak generasi milenial ini diharapkan dapat menjadi mercusuar dunia.

Penulis dan reporter: Niha Hanum Salsabila

Kameramen: Erni Kurniawati

Editor: Oktiana Fitria Candra Vinata

Post a Comment

Previous Post Next Post