MTsN 7 Kediri Aktif Menanam Pohon Pada Hari Pohon Sedunia

Kamis, 25 November 2021, MTsN 7 Kediri berpartisipasi aktif menanam pohon di hutan bersama RPH (Resort Pemangkuan Hutan) Jatirejo. Di Areal Perhutanan Sosial PMDH Wonojoyo, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung. Acara ini dihadiri oleh Masyarakat Desa Krenceng, Dinas Kehutanan, Tim MTsN 7 Kediri, yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Humas, Waka Kesiswaan, Ketua Tim Adiwiyata, Pembina Pramuka, Pembina Saka Kalpataru, dan perwakilan siswa MTsN 7 Kediri.

Untuk perwakilan siswa diambil dari 20 Pokja Hutan, 10 anggota Pramuka, dan 2 anggota Osis. Kegiatan menanam pohon ini di lakukan pada pukul 07.30 WIB. 

Setiap tanggal 21 November diperingati Hari Pohon Sedunia. Namun hari tersebut bertepatan dengan hari Minggu, dan masih diadakan Penilaian Akhir Semester sehingga Kegiatan Penanaman Pohon diadakan pada Kamis, 25 November 2021. MTsN 7 Kediri melakukan kerjasama Lintas Sektoral dengan Perhutani, Pemerintah Desa Krenceng, dan Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diadakan untuk membiasakan siswa-siswi peduli terhadap lingkungan. MTsN 7 Kediri berkontribusi dengan menanam hampir 100 pohon. Tri Lestari menjelaskan bahwa dengan mananam pohon ini banyak sekali yang didapatkan, seperti menghasilkan oksigen, dan mengurangi dampak terjadinya banjir.

Pohon yang ditanam adalah Pohon Balsa dan Pohon Jati. Juaini mengatakan bahwa Pohon Jati yang ditanam merupakan jenis Pohon Jabon (Jati Kebon) yang cepat dipanen paling cepat 4 tahun, sedangkan Pohon Balsa nantinya dapat digunakan sebagai industri triplek. Lahan yang digunakan dalam kegiatan ini disediakan oleh Dinas Kehutanan di petak 23 are, seluas 53 meter, 1 hektar. Lahan ini nantinya akan digunakan sebagai perkemahan nasional dan dirawat oleh masyarakat desa hutan. 

Muhammad Zainuddin selaku Kepala MTsN 7 Kediri berterimakasih kepada pimpinan Perhutani Pare dan Kepala Desa Krenceng, karena telah memberi kesempatan pada madrasah untuk berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan dengan menanam pohon Balsam dan Jabon di lahan hutan perhutani. Dia juga menyampaikan bahwa, "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita dan seluruh siswa MTsN 7 Kediri dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan pelestarian hutan." 



Kegiatan ini diikuti sekitar 30 siswa MTsN 7 Kediri dan selesai pada pukul 09.00 WIB. 


Penulis.        : Dinda Aulya Zuli Astari (9i)

Kameramen: Zarit Salsabilah Azzahro (9i)

Reporter.       : Putri Chakiki (7D)

                          Elhala Nur Habibah (9A)

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget