Sosialisasi PKG KKM MTsN 7 Kediri

Rabu, 24 November 2021. Hari ini telah dilaksanakan Sosialisasi Dirjen Pendidikan Islam nomor 1843 tahun 2021 Tentang Juknis dan Instrumen PKG untuk seluruh anggota KKM MTsN 7 Kediri. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu ruang MTsN 7 Kediri. 

Peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah,  Waka Kurikulum, dan operator  dari 11 madrasah  anggota KKM tersebut dihadiri oleh Dra. Elok Farida, M.Pd.I, Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Kediri sebagai pemateri.

Dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Sahroeni, S.Pd., M.Si. Waka Kurikulum MTsN 7 Kediri tersebut, Elok Farida menyampaikan tentang penilaian kinerja guru. Beliau menyatakan PKG merupakan sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya. Melalui pengukuran terhadap penguasaan yang tunjukkan dalam unjuk kerjanya. 

Elok juga menyampaikan bahwa prinsip pelaksanaan PKG harus obyektif, adil, transparan, partisipatif, terukur, dan berkelanjutan.

Sementara itu dalam pembukaannya, Muhammad Zainuddin, sebagai Ketua KKM memberi semangat pada peserta untuk mengikuti sosialisasi tersebut, mengingat ada hal yang baru terkait dengan PKG. PKG ini penting bagi madrasah, mengingat untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensinya.

Usai pelaksanaan Sosialisasi PKG bagi madrasah anggota KKM, perempuan yang akrab disapa Bu Elok juga memberikan sosialisasi dan sekaligus pembinaan secara khusus kepada guru MTsN 7 Kediri, agar semua guru memahami komponen yang akan dinilai dalam PKG. Mengingat tim penilai PKG sudah melaksanakan penilaian pada pertengahan November 2021, maka diharapkan segera diimputkan dalam aplikasi PKG yang baru.  "Pengisiannya mudah,   mungkin untuk input data penilaian per guru cukup 10 menit selesai, nanti agar dipandu Waka Kurikulum," ujarnya. "Kapan tim penilai mulai mengimputkan data, Bu?" tanyanya pada perempuan yang biasa disapa Bu Eni itu. "Mulai dari sekarang," jawabnya.

Reporter : Yunike Claradya Vimannora

Editor.     : Rika Andriani





Post a Comment

Previous Post Next Post