Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Oleh : Putri Chakiki

Guru adalah salah satu  profesi yang sangat mulia di muka bumi ini. Meskipun hanya bergelar sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, namun mereka selalu berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa. Mereka telah membuka wawasan kita tentang dunia yang sangat luas ini. Mereka juga yang telah mengajarkan kita membaca, menulis dan berhitung. Tanpa didikan dari guru, kita tidak mungkin bisa membaca dan menulis serta bisa mencapai keberhasilan dalam belajar. 

Guru juga mempunyai tanggung jawab untuk mendidik siswanya, tak hanya dari sisi akademi, namun juga agar mempunyai sikap dan berperilaku baik. Itulah mengapa sebagai murid, kita perlu selalu menghormati guru dan memuliakan mereka. Begitu besar jasa mereka terhadap kehidupan kita. Jika tidak ada guru, sebuah bangsa tidak akan pernah memiliki pemuda yang berprestasi. Selamanya kita akan berhutang jasa kepada guru-guru kita.

Meskipun anak-anak didik mereka kelak akan melupakan mereka, guru akan tetap gigih melaksanakan tugasnya yang begitu mulia untuk membentuk calon-calon pemimpin yang hebat dan berwawasan luas. Mereka tak akan lelah mengabdi dan tak akan lelah mengamalkan ilmunya hingga usia senja menghampiri mereka.

Guru dalam filosofi Jawa berarti "digugu dan ditiru." Seorang guru merupakan sosok yang harus ‘'digugu’' artinya dipatuhi atau didengar dan ‘'ditiru’' yang berarti patut dicontoh atau diteladani. Guru tidak hanya seorang yang luas ilmu pengetahuannya dan mengajar dalam ruang pembelajaran. Guru bisa diartikan sebagai orang yang mengajarkan segala sesuatu, meskipun itu hanya satu huruf. Pengalaman bermanfaat yang mampu mengajari diri kita menjadi lebih baik juga dapat disebut sebagai guru.

Seperti semboyan dari Ki Hajar Dewantara "ing ngarso sungtulodo, ing madyo mangun karso, Tutwuri Handayani" yang artinya "ketika di depan memberi teladan, ketika di tengah memberi semangat, ketika di belakang memberi dorongan dan motivasi".

Profesi seorang guru, terutama di masyarakat desa termasuk profesi yang dihormati.

Guru mempunyai kedudukan yang tinggi di masyarakat, bahkan ketika telah pensiun pun Ia tetap dianggap sebagai sosok yang serba tahu dan menjadi tempat bertanya warga di sekitar tempat tinggalnya. 

Guru juga dinilai sebagai sosok yang berakhlak mulia dan bisa menjadi contoh bagi semua orang. Guru juga dinilai berperan penting dalam mencerdaskan putra-putri bangsa ini. Tanpa guru, tak akan ada kemajuan bangsa ini. Maka, guru pun dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Gelar yang spesial, gelar yang hebat, gelar bukan sembarang gelar yang bisa diraih oleh profesi lainnya.

"Guru yang hebat akan terus menginspirasi murid-muridnya untuk bisa berkembang dengan sendirinya."

Selamat hari guru nasional 25 November 2021.

Terimakasih atas bimbingan dan ilmu yang telah kau ajarkan kepada kami.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget