MTsN 7 KEDIRI IKUTI ASESMEN NASIONAL (AN) 2021

 

Senin, 4 Oktober 2021, sebanyak 52 Tenaga Pendidik dan 45 Peserta Didik MTsN 7 Kediri mengikuti Asesmen Nasional (AN) bertempat di Laboratorium Komputer  lantai 2. Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Asesmen Nasional ini, madrasah menggunakan 3 ruang laboratorium komputer dan melibatkan 5 orang proktor dan teknisi, tiap ruang diawasi 1 pengawas ruang.



“Asesmen Nasional ini tidak hanya diikuti oleh peserta didik sebagai sampel asesmen, namun juga diikuti oleh para guru. Guru harus menjawab soal pilihan sebanyak 62 soal, materi soal tersebut sangat variatif, mulai dari identitas diri, wawasan kebangsaan, nilai-nilai pancasila, hingga manajemen madrasah. Materi soal lebih pada soal-soal analisa, sehingga butuh waktu agak lama dalam mengerjakan. Terkait dengan itu, kemampuan berliterasi sangat dibutuhkan oleh seorang pengajar,” ungkap Waka Kurikulum, Sahroeni, S.Pd., M.Si.

Sahroeni juga menjelaskan, bahwa materi soal asesmen untuk peserta didik juga menampilkan soal-soal Hots, sehingga kemampuan literasi peserta didik benar-benar diuji.  Asesmen berbeda dengan ujian Nasional yang hanya menyangkut empat materi mata pelajaran, yang terdiri dari Matematika, bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta IPA. Namun, mencakup seluruh materi pelajaran di sekolah, termasuk IPS, PKN, Bimbingan Konseling. “Agar hasilnya lebih maksimal, untuk persiapan tahun berikutnya, kami akan melibatkan semua guru mata pelajaran, dan tidak terbatas pada guru-guru UN saja,” tuturnya.



Kepala MTsN 7 Kediri, Muhammad Zainuddin, S,Pd., M.Pd.I, menyampaikan Survey lingkungan belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang berkaitan dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil Asesmen Nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output. Setiap respon yang diberikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu kejujuran, keaktifan , serta kelengkapan  dalam pengisian survey lingkungan belajar.

Kegiatan tersebut berlangsung lancar, seperti yang di sampaikan Muhammad Syahrizal Firdaus, S.Kom, selaku koordinator proktor dan teknisi, “Alhamdulillah semua berjalan lancar, semua anggota tim kompak, dan semua peserta dapat mengerjakan tepat waktu, semoga hari  kedua besok, juga tidak mengalami kendala, Amin.”

Reporter : Sri Ambarwati (Humas)

Editor      : Maghfur

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget