Kepala MTsN 7 Kediri Melaksanakan PKKM


Selasa, 13 Oktober 2021. Kemarin (12 Oktober 2021) Kepala MTsN 7 Kediri, Muhammad Zainuddin telah melaksanakan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah). Kegiatan tersebut dihadiri  dua orang asesor dari Kementerian Agama, Dra. Elok Farida, M.Pd.I, dan Nurul Faiqotul, M.Pd.I. Penilaian tersebut dimulai sejak pukul 07.30 WIB, bertempat di ruang barat PTSP.

Dalam pernyataannya Elok Farida mengatakan, bahwa tujuan PKKM adalah untuk untuk mengetahui efektifitas kinerja kepala madrasah, meningkatkan semangat dan kinerja kepala madrasah, melakukan pembinaan dan yang paling penting adalah promosi jabatan.

Sebelum itu Muhammad Zainuddin memaparkan capaian-capaiannya selama memimpin MTsN 7 Kediri, diantaranya tentang 9 program unggulan, yang terdiri dari Madrasah Adiwiyata, Madrasah Literasi, Madrasah Digital, Madrasah Ramah anak, madrasah sehat, Madrasah Siaga Kependudukan, Madrasah Washatyah, Madrasah Riset,  dan Madrasah Bilingual. Dia juga menyampaikan tentang kronologis program-program tersebut, hingga mencapai prestasi yang cukup membanggakan, mulai tingkat kabupaten hingga internasional.

Zainuddin juga menyatakan, bahwa keberhasilan yang dicapai ini bukan semata-mata kemampuan dirinya, namun juga semangat yang tinggi dari seluruh komponen madrasah untuk ikut bersama-sama memajukan madrasah. "Sengaja dalam kegiatan ini saya mengajak Waka, guru, dan staf, karena hasil kerja kepala madrasah berada di tangan bapak ibu semua," ungkapnya. "Meski kami berusaha melengkapi instrumen, mungkin masih banyak kekurangan, untuk itu kami  mohon bimbingan dari ibu-ibu asesor bilamana masih ada kekurangan," Sambungnya.


Dalam pelaksanaan PKKM kedua asesor memeriksa semua dokumen yang diperlukan untuk penilaian. Dokumen-dokumen telah di siapkan oleh Tim yang sejak beberapa minggu yang lalu. Usai pemeriksaan dokumen Elok memberikan penilaian yang luar biasa. “Kalau toh ada kekurangan itu wajar, saya berharap dalam akreditasi madrasah yang akan datang MTsN 7 Kediri mendapatkan nilai baik sekali,” pungkasnya.



Nurul Faiqotul, juga memberikan penilaian yang sangat luar biasa, karena semua dokumen yang disiapkan sesuai dengan standar yang menjadi acuan penilaian. “Saya adalah asesor tahun lalu, dan catatan kekurangan semua sudah dilengkapi,” ucapnya dengan wajah semringah. “Rasanya saya tidak ingin memeriksa, karena gambaran sekilas sangat baik, setelah saya cek, ternyata benar-benar lengkap,” ungkap perempuan itu dengan wajah berbinar dan penuh semangat. 

Sahroeni selaku ketua Tim PKKM menyatakan penilaian Kinerja terdiri dari empat komponen, antara lain, Usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Selain itu Waka kurikulum itu juga mengungkapkan bahwa untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan program ini dibutuhkan keterlibatan semua pihak. "Di sini semua kami libatkan, terutama pihak yang terkait langsung dalam penanganan program-program madrasah. Semakin banyak yang terlibat atau melihatkan diri semakin baik. Ini juga merupakan salah satu bentuk loyalitas guru dan karyawan kepada madrasah." ucapnya.



Usai kegiatan berakhir Zainuddin menyerahkan buku karyanya yang berjudul Madarasah Anti sampah plastik Penyumbang kelestarian lingkungan, dan 5 buku karya siswa yang berjudul  Destinasi wisata bumi Kediri jilid 1 dan 2, serta dari kitab kuning kitab klasik untuk Islam lebih moderat.

Reporter : Sri Ambarwati, Niha Hanum            kamerawan : Raygita 

Editor.      :  Maghfur, Rahma 






Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget