MTsN 7 Kediri Melakukan Sosialisasi AN/AKM Secara Virtual

Sabtu, 21 Agustus 2021, MTsN 7 Kediri mengadakan sosialisasi Asesmen Nasional/ Asesmen Kompetensi Minimal secara virtual melalui video youtobe, yang sebelumnya peserta telah disiapkan di grup WhatsApp.  Sosialisasi virtual dilaksanakan mengingat kondisi Pandemi Covid-19 masih pada level 4, dan PPKM masih dilaksanakan. Meski kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring, anak-anak antusias, mereka aktif bertanya ketika tidak memahami uraian dari sosialisasi tersebut.

Asesmen Nasional adalah program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah atau madrasah dan program kesetaraan jenjang Sekolah Dasar dan Menengah. 

Muhammad Zainuddin, Selaku Kepala MTsN 7 Kediri dalam mensosialisasikan Asesmen Nasional(AN) / Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) menyampaikan bahwa  Asesmen Nasional (AN)/ Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) tidak digunakan untuk mengukur prestasi anak-anak secara individual, menentukan kenaikan kelas atau kelulusan.  Asesmen ini digunakan untuk  mengukur semua elemen yang ada di madrasah, meliputi Kurikulum, pembelajaran, guru, Sarana Prasarana dan managemen madrasah. Kepala madrasah berpesan pada anak-anak untuk  belajar dan mengerjakan dengan sungguh-sungguh karena keberhasilan madrasah ke depan terletak pada hasil asesmen anak-anak semuanya.

Dalam uraianya Waka Kurikulum, Sahroeni, S.Pd., M.Si  memaparkan bahwa Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu mengukur literasi membaca dan numerasi,  Survei karakter dan survey lingkungan belajar. Rentang  pelaksanaan AN/AKM  adalah 27-30 September 2021. 

Untuk Teknis Aplikasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer disampaikan oleh kepala Lab TIK Muhammad Syahrizal Firdaus, S.Pd.  Sahrizal menjelaskan langkah-langkah penggunaan sistim CAT Asesmen Kompetensi Nasional.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari link youtobe MTsN 7 Kediri

https://youtu.be/a7jNS4D5oP8

https://youtu.be/3TL6lxoUG-4

Reporter : Sri Ambarwati (Waka Humas)

Editor.     : Maghfur 


Post a Comment

Previous Post Next Post