Bari'an, Menolak Bala' dengan Sedekahan

 Sabtu, 7/8/2021. Pada hari Kamis, 5/ 8/2021. Warga Jalan Pare Lama RT 01/02 RW 15 Kandangan mengadakan acara sedekahan makanan  atau yang sering disebut "Barian". Acara yang diselenggarakan setiap menjelang 1 Muharram/ 1 Suro ini bertujuan agar seluruh warga RW 15 terhindar dari segala bala' dan bencana di tahun mendatang. Selain itu acara ini juga bermanfaat untuk mempererat tali silaturahmi antar warga yang mungkin sempat terputus akibat adanya pandemi.

           


 Sejak ba'da ashar para pemuda RW 15 telah sibuk mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk memperlancar jalannya acara. Mulai dari memasang karpet, mulai dari depan rumah pak RW memanjang hingga 100 meter, agar dapat menampung warga dan tetap mematuhi protokol kesehatan, memasang penerangan dan mempersiapkan sound sistem. Persiapan acara dilanjutkan ba'da magrib yang dilakukan oleh ibu- ibu dengan menata makanan yang sudah mereka masak bersama sejak pagi. Masakan tersebut berupa tumpeng, kulup-kulupan, mie goreng, ayam suwir, dan, sambal goreng tempe.

          Setelah jam menunjukkan pukul 19.00 WIB, Para warga mulai berdatangan ke tempat acara, kedatangan warga diiringi dengan musik selawat dari Kepalmilo Audio dan Ampok Audio. kegiatan warga itu pun semakin marak dan syahdu.  

Setelah semua warga berkumpul dan mengatur posisi duduk agak berjarak di atas karpet,  mereka bertumpah ruah, bersenda gurau dan tak sedikit  pula yang berswafoto untuk mengabadikan suasana. 

Pukul 20.00 WIB acara pun dibuka oleh Bapak Habib selaku pemandu acara, kemudian dilanjutkan dengan bacaan doa dan tahlil yang dipimpin oleh Ustadz Muhidin.

       Suasana kehangatan antar warga terasa ketika dipenghujung acara. Di mana makanan yang telah disiapkan tadi disantap bersama, sambil bersenda gurau sedikit demi sedikit makanan dilahap. Tak terasa waktu semakin larut, dan  satu persatu warga mulai meninggalkan tempat dan kembali kerumahnya masing-masing.

          Acara yang sederhana namun penuh syarat dan makna. Meski dengan protokol kesehatan yang ketat tetapi tidak mengurangi rasa khidmat. Semoga  tahun depan kita terhindar dari segala bala' dan bencana. Semoga virus Corona segera sirna dan kehidupan kita kembali normal seperti dan segala apa yang menjadi cita-cita kita dapat menjadi nyata. 

Reporter: Jibril Adam

Editor     : MQ

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget