Sejarah Hari Lahir Pancasila

 

Sumber: Tribunnews.com

Tanggal 1 Juni 2021 merupakan hari lahirnya pancasila yang ke-76, dan juga pada tanggal 1 Juni, Presiden Soekarno berpidato di dalam sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia/ Dokuritzu Junbi Cosakai. Dalam pidatonya Soekarno mengemukakan konsep awal pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia.

Presiden Soekarno lah yang memperkenalkan konsep atau rumusan awal dasar negara Indonesia merdeka bernama Pancasila dalam pidato tersebut.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sidang tersebut berjalan sekitar 5 hari. pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni 

Sila pertama - “Kebangsaan”

Sila kedua - “Internasionalisme atau Perikemanusiaan” 

Sila ketiga - “Demokrasi”

Sila keempat - “Keadilan sosial”

Sila kelima - “Ketuhanan yang Maha Esa”

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan. Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Penulis: Putri Chakiki

Editor   : MQ

Post a Comment

Previous Post Next Post