Bimtek Literasi dan Numerasi


Mulai tanggal 3 - 6 Mei MTsN 7 Kediri menjadi titik penyelerenggaraan peserta zoom sebuah acara Bimtek Pembelajaran Literasi dan Numerasi yang pesertanya dari MTsN 1, MTsN 5, MTsN 6, MTsN 7, tempatnya di ruang kelas paling barat bawah sebelah selatan tepatnya di kelas 9B. Dengan peserta yang berjumlah 25 guru dan 2 pengawas. Dan dari MTsN 7 kediri diwakili oleh Ambar, Luluk, Ninik, Istiqomah, Junaidah, dan Syamsudin.

“Merupakan suatu kehormatan MTsN 7 Kediri sebagai tempat lokasi Titik Zoom kegiatan Bimtek. Segala upaya telah saya siapkan untuk memperlancar kegiatan bimtek tersebut.” Itu hal yang disiapkan oleh Zainuddin selaku tuan rumah MTsN 7 Kediri.



Bermula dari undangan zoom dari kakanwil pada tanggal 1 Mei 2021. Akhirnya MTsN 7 kediri di tunjuk sebagai salah satu lokasi titik zoom dengan kode MTs_9_MTsN 7 Kediri, sebagai kegiatan Bimtek Numerasi dan Literasi Pembelajaran selama 4 hari.


Sebagian rangkuman yang disampaikan dalam Bimtek:

1. Mendidik siswa harus disesuaian dengan zamannya agar siswa merasa senang dan betah belajar dengan kita. Tumbuhkan pembelajaran yang menyenangkan, tanpa memberikan rasa takut dan kecemasan bahkan menimbulkan keengganan belajar.

 

2. Sesuai dengan harapan Menteri Pendidikan, Merdeka Belajar merupakan satu-satunya sistem yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Karena itulah, terdapat 4 pokok kebijakan merdeka belajar, yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.


3. Merdeka Belajar menjadi penopang pendidikan abad-21 yang meliputi 3 aspek, yaitu (a) landasan literasi, meliputi literasi, numerasi, literasi saintifik, ICT Literacy, Financial Literacy, dan Cultural and civic literacy; (b) empat kecakapan, yaitu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaborasi; dan (c) kualitas karakter, meliputi rasa ingin tahu, kegigihan, inisiatif, adaptasi, kepemimpinan, kepedulian sosial dan budaya.


literasi dan numerasi merupakan komponen dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk mempelajari mata pelajaran lainnya. Literasi memiliki makna yang luas, yaitu kemampuan memahami, mengolah, dan menggunakan informasi secara cerdas untuk meningkatkan kualitas dirinya, berkontribusi dalam masyarakatnya, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.


Kemampuan berliterasi informasi media dan teknologi, akan menjadikan diri kita sebagai insan yang bijak dalam menghadapi arus kemajuan teknologi tersebut. Belajar menelisik kebenaran suatu informasi dan media agar tidak terjebak pada info yang hoaks. Sehingga kita menjadi insan yang smart dalam menghadapi kedinamisan zaman.


Reporter : Putri Chakiki - Zarit Salasabila Azzahro

Editor      : Tim Jurnalistik

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget