Buku Moderasi Beragama di Indonesia Jilid 5 Hadir di Kediri

 


Kediri, 5 April 2021. Satu Minggu yang lalu buku Moderasi Beraga yang ditulis oleh penggerak moderasi di Indonesia telah hadir di MTsN 7 Kediri. Buku ini berbeda dengan buku sebelumnya, selain bersampul wajah presiden RI Joko Widodo, juga diberi pengantar oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Dalam pengantarnya kiai asal Rembang Jawa Tengah itu menuliskan, "Bahwa bangsa Indonesia membutuhkan Islam yang ramah, bukan Islam yang marah. Setiap orang Islam seharusnya menampilkan diri sebagai agen rahmatan lil-'alamin, bukan lil muslimin saja."

Dalam buku jilid 5 ini juga cukup istimewa, karena diseleksi cukup ketat, dan bila tidak sesuai dengan ranbu-rambu serta esensi penulisan pasti dikembalikan. Namun demikian penulis moderasi dari kab kediri cukup dominan, di antaranya kepala Kantor Kementerian Agama Kab kediri, Dr. Zuhri, S.Ag., M.Si., kasi Pendma Kemenag kab kediri, Enim Hartono, M.Pd., Pengawas Kemenag Kab Kediri, Yaqutatun Hamroh, M.Si, Kepala MTsN 7 Kediri,  Muhammad Zainuddin, S.Pd., M.Pd.I, dan tiga guru MTsN 7 Kediri yaitu Sahroeni, S.Pd., M.Si., Arwani,  S.Pd.I., dan M.Maghfur Qumaidi, S.Pd., S.Sos., M.Si.

Setelah menyampaikan buku kepada para guru penulis moderasi  Zainnudin menyampaikan bahwa guru-guru menang sengaja saya motivasi, agar ide-ide tentang moderasi semakin luas dan lengkap, karena setiap orang dalam menulis akan menyoroti masalah moderasi sesuai kapasitas, dan lingkup tugasnya masing-masing. Sehingga tulisan-tulisan itu akan berbeda namun tetap dalam kerangka mengembangkan nilai-nilai washatiyah.




"Tulisan saya dikembalikan untuk perbaikan, kali ini semua tulian harus punya dasar, kita tidak bisa sekedar beropini atau mencari dasar dari link google," kata Arwani guru MTsN 7 Kediri dan juga pengasuh Ponpes di desa Plumpung Kecamatan Kandangan.



Selain menyerahkan buku moderasi, bapak kepala madrasah Washatiyah juga menyerahkan buku Bimbingan dan konseling Islam karya  Dr. Aep Kusnawan, S.Ag., M.Ag., kepada koordinator BK Dra. Sri Poerwati, buku tersebut sebagai alternatif literatur sambil menunggu POP BK Madrasah yang disusun di Yogyakarta tanggal 29 Maret sampai 1April 2021, dan akan diuji publik di Makasar. Di mana POP BK madrasah merupakan panduan BK yang memiliki kekhasan yaitu Islam dan moderat.

Reporter: Muhammad Zainuddin

Editor.    : Tim Jurnalistik

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget