Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua


Oleh: Putri Chakiki

Negara indonesia merupakan negara yang besar terdapat banyak suku bangsa, budaya, agama, ras, kepercayaan, maupun antargolongan yang tersebar di seluruh wilayah indonesia. Keberagaman masyarakat indonesia merupakan anugerah tuhan yang maha Esa, oleh karena itu seluruh masyarakat harus menerapkan perilaku toleran dalam keberagaman. Keberagaman bukan merupakan unsur perpecahan, namun justru yang menciptakan kesatuan dan persatuan.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa indonesia yang terdapat pada lambang negara Indonesia. Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa yang harus dijunjung tinggi oleh bangsa indonesia. Semboyan ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Semboyan Bhineka Tunggal Ika menunjukkan bukti keanekaragaman Indonesia yang patut dijunjung tinggi, serta harus saling menghargai perbedaan. Perbedaan bukan berarti untuk saling bermusuhan, melainkan untuk saling mengenal dan bersaudara. Meski sangat beragam, bangsa Indonesia tetap satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Di sinilah arti Bhinneka Tunggal Ika yang sesungguhnya.

Kata ''Bhinneka Tunggal Ika” berasal dari bahasa Jawa Kuno yang terdapat dalam kitab Sutasoma karangan Empu Tantular yang hidup di masa kerajaan majapahit sekitar abad ke-14 M. Jika diartikan “Bhinneka” adalah beragam atau bermacam-macam, “Tunggal” adalah satu, “Ika” adalah itu. arti “beraneka satu itu”. Maknanya, bisa dikatakan bahwa beraneka ragam, tetapi tetap satu jua.

Adapun beberapa makna dari Bhinneka Tunggal Ika dalam berbangsa maupun bermasyarakat adalah sebagai berikut :

- Mendorong semakin kukuhnya persatuan indonesia.

- Mendorong timbulnya kesadaran tentang pentingnya pergaulan.

- Meningkatkan identitas dan kebanggaan sebagai bangsa indonesia.

- Membantu mewujudkan cita-cita leluhur bangsa.

- Meningkatkan nilai kegotongroyongan dan solidaritas.

Sudah sepatutnya kita sebagai bangsa indonesia menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di dalam bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi penerus selanjutnya harus bersungguh-sungguh untuk menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget