Webinar Anak Indonesia Cinta Buku

 

  

 Minggu, 14/Maret/2021. Media Guru mengadakan webinar, dengan tema 'Anak Indonesia Cinta Buku."  Acara tersebut merupakan webinar yang ke-30.   Acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Peserta sangat antusias, mereka bukan hanya dari anak-anak. Namun, juga orang tua, guru, bahkan kepala sekolah tempat mereka belajar.

Munurut Muhammad Zainuddin, Kepala MTs 7 Kediri, bahwa pesertanya yang dari Kediri meliputi seluruh kepala Madrasah se-wilker Kediri. "Saya sengaja membagikan brosur serta link zom pada teman-teman se Wilker, agar banyak yang tahu bagaimana program yang digagas mediaguru ini benar-benar dapat menjadi wadah yang baik, untuk membangkitkan literasi. Mediaguru selain mengajarkan anak-anak menulis buku, juga memberi kesempatan untuk tampil di depan umum. Bahkan secara nasional, ungkapnya.

Jumlah peserta kurang lebih mencapai 300 peserta, yang berasal dari seluruh Indonesia. 

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Mohammad Ihsan, CEO Mediaguru. Turut hadir dan memberikan sambutan Arys Hilman, ketua umum IKAPI. Dalam pernyataannya saat ini Indonesia mengalami krisis literasi. Bahkan Indonesia urutan dari bawah no dua. Dia pun sangat mengapresiasi bahkan yang niatnya hanya ingin memberi sambutan, akhirnya mengurungkan diri, dan mengikuti acara hingga usai. "Saya benar-benar terkesima dengan kelima Narsum tersebut, sungguh saya tak menduga, mereka luar biasa," ucapnya sebelum mengakhiri ucapannya.



Acara yang digawangi oleh Narsum Nasional penulis Cilik, Syaiful Rahman dan Aprilia Susanti ini membuat banyak pemirsa yang menyatakan kekagumannya. Melalui cat room mereka banyak menulis ungkapan-ungkapan takjubnya.

Webinar kali ini menampilkan lima narasumber cilik, antara lain:  Magriani Mukti dari MTsN Koto Besar , Zahra Dwi dari SMA 3 Painan Pesisir Selatan, Niha Hanum Salsabila dari MTsN 7 Kediri, Adiksya Rakha dari TKB Islam Ai-Azhar Semarang, Syahida Amalina A’la dari SDIT Isnantama Bogor. 

Narasumber webinar ini merupakan pemenang lomba menulis artikel  yang bertema Anak Indonesia Cinta Buku.

Syahida Amalina menuliskan artikel yang berjudul “Aku dan Buku”.  Dalam tulisannya cewek Bogor tersebut menuliskan ide, sekaligus kritik pada sebuah buku dongeng untuk anak-anak. Syahida berpesan, “Jika buku mencintaimu, maka cintailah buku” motivasi dari Syahida untuk anak-anak Indonesia. Dari karya Syahida, terdapat salah satu peserta webinar ini, Ali Harsojo ingin mengirimkan salah satu buku anak-anak pada narsum kecil tersebut. 

Selain Syahida, ada juga Magriani Mukti yang berasal dari MTsN Koto Besar yang memiliki ide kreatif, yaitu menuliskan sebuah buku sebagai kado ulang tahun sahabatnya yang tidak menyukai pelajaran IPS tentang sejarah-sejarah para pahlawan dan adanya jarak yang sangat panjang antara toko buku dengan daerah tempat tinggalnya. “Kalau cinta indonesia maka cintailah buku juga agar Indonesia maju” pesan dari cewek mungil tersebut. 

Narasumber ketiga, yaitu Niha Hanum dari MTsN 7 Kediri yang dulunya tidak menyukai hal yang berkaitan dengan membaca menjadi seorang penulis aktif dimedia online seperti WattPad dan   media online lain. Cewek dari tim Jurnalistik MTsN 7 Kediri tersebut menuliskan artikelnya dengan judul “Aku Jatuh Cinta Pada Buku Online”. 

Narasumber keempat, Zahra Dwi Annisa dari SMA 3 Painan Pesisir Selatan yang menuliskan artikel tentang dampak game online bagi anak-anak sampai remaja, dan memotivasi para anak yag berhobi bermain game untuk membaca dan menulis. 

Narasumber terakhir dari kelima, Adiksya Rakha dari TKB Islam Ai-Azhar Semarang. Adiksya masih duduk di bangku taman kanak-kanak. namun, dia sudah berhasil menerbitkab buku. "Bukunya masih di penerbit," ucapnya saat ditanya oleh peserta melalui cat zoom. Bocah taman kanak-kanak ini mempunyai kebiasaan menulis

 artikelnya dengan voice note di media online WhatsApp dan dikirimkan pada ibunda, kemudian ibunya  menyalin tulisannya. Rakha mau menulis karena termotivasi oleh Mohammad Aruel yang menulis di blog sasisabu sehingga Rakha ingin menjadi seperti Aurel. 

Di sela-sela acara, Syaiful Rahman yang akrab disapa Kacong, memberikan kuis pada peserta, dan akan diambil 10 orang yang berhasil menjawab pertanyaannya diberi hadiah gratis untuk mengikuti kelas Sasisabu secara gratis. Adapun daftar pemenang dari kuiz tersebut adalah:

1. Susanti

2. Aldi syahrina

3. Zarit Salsabilah Azzahro

4. Alfina Aulia

5. Alfa Hidayat

6. Tiara

7. Muhamad Syafiq Wildan Madani

8. Krisna Milawati

9. Maura

10. Nadia Putri Adisti

Selain hadiah, semua peserta mendapatkan E-Sertifikat webinar. 

Reporter : Zarit Salsabilah Azzahro

Editor      : Putri Chakiki

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget