Diseminasi Penyusunan Soal HOTS di MTsN 7 Kediri

 

Sabtu, 13 Maret 2021. Hari ini MTsN 7 Kediri melaksanakan diseminasi pembuatan soal HOTS bersama anggota KKM. Acara tersebut diikuti oleh 11 anggota Kelompok Kerja Madrasah, yang terdiri dari Waka kurikulum dan guru mapel fikih. Diseminasi dibuka oleh Muksin Zeni Supraba selaku Waka kesiswaan, sementara Waka kurikulum, Sri Ambar memantau dan mengawal keberlangsungan acara agar berjalan lancar. 

Saat ditemui dalam sebelum acara, Ambar mengatakan, bahwa diseminasi dilakukan secara berjenjang, beberapa hari yang lalu, kegiatan ini sudah dilakukan pada madrasah negeri, MTsN 7 Kediri mengirim 5 guru, yang terdiri dari guru Fikih, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS. Untuk kali ini yang diikutkan dalam kegiatan tersebut berbeda dengan guru yang dikirim kemarin. Tujuannya agar terjadi persebaran pengetahuan. Karena semakin banyak yang diikutkan maka semakin baik. Namun, jangan lupa, mereka juga tanggung jawab, untuk menularkan pada guru yang lain, pungkasnya.

Acara yang digawangi oleh pengawas kementrian Agama ini berlangsung dengan lancar. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Banyak pertanyaan kritis yang bermunculan dari peserta.

Meski pesertanya berasal dari berbagai guru mapel. Namun, kali ini lebih terkonsentrasi pada mata pelajaran FIKIH. 

Mch. Bachrudin, M.Pd., menjelaskan secara rinci, mulai dari pembuatan kisi-kisi hingga membuat soal yang siap diujikan.

Azmil Amin Guru Fikih MTsN 7 Kediri mempresentasikan tugas yang diberikan oleh pemateri, dan peserta yang lain mengkaji dan menelaah. Kegiatan tersebut benar-benar diikuti oleh perserta, bahkan telaah soal bukan hanya tentang tata bahasa, namun juga tentang khilafiah dalam fikih.

Abit Darmawan, guru Fikih MTsN 7 Kediri, juga beberapa kali menyampaikan pendapatnya, untuk menengahi perbedaan pendapat yang terjadi pada peserta.

Acara tersebut selesai pukul 11.30 WIB, hal ini mengingat kondisi masih Pandemi dan desa Kencong hingga kini masih zona merah.

Sebelum menutup materi, Bachrudin menegaskan bahwa apa yang didapat dari forum ini harap didiseminasikan pada teman-teman guru yang lain di lingkungan kerjanya masing-masing. Dan satu hal yang terpenting soal-soal Hots harus diawali dari proses pembelajaran yang Hots pula, tukasnya.

Reporte dan editor: Tim Jurnalis


Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget