Kunjungan SMKN 1 Trenggalek Ke Madrasah Adiwiyata MTsN 7 Kediri

 


Rabu, 10 Februari 2021 tepat di MTsN 7 Kediri

Madrasah Adiwiyata Nasional. Siang itu,  kedatangan tamu yang luar biasa, SMKN 1 Trenggalek sekolah Adiwiyata provinsi jauh-jauh berkunjung ke MTsN 7 Kediri. 

Pertemuan disambut kepala MTsN 7 Kediri yaitu Muhammad Zainuddin, ketua Tim AW  yaitu  Tri Lestari, sekretaris AW  Abdul Kholik dan beberapa  anggota tim yaitu  Septi muvitasari dan Tutut Handayani, hanya sedikit anggota tim yang mengikutinya, karena di masa pandemi ini pembatasan karyawan dan guru juga pembatasan jam kerja dilakukan untuk mengurangi penyebaran wabah Covid-19 sehingga jumlah tim yang hadir di batasi untuk menghindari kerumunan. Dalam kunjungannya Tim AW SMKN 1 Trenggalek terdiri dari Daniek Tertiana, Isnari, Agus Lestiyono dan Yoga menyampaikan keinginannya untuk menjadi sekolah Adiwiyata Nasional,  bagaimana kiat-kiatnya.



Lain ladang lain belalang, konsep MTsN 7 Kediri belum bisa digunakan di SMKN jika dilihat jumlah siswa dan jumlah guru karyawannya luar biasa 2 atau 3 kali lipat dari MTsN 7, tentu membawa dampak dan problem yang berbeda apalagi  berhubungan  pembiasaan atau berbudaya lingkungan.  Justru kami yang tercengang , tentu kami pun belum tentu bisa mengelola siswa sebanyak 2500 dan GTK 150 orang. Hal yang tidak gampang untuk memotivasi untuk berperilaku atau berbudaya lingkungan. Perlunya statemen khusus bagi orang yang notabennya tidak perduli terhadap lingkungan atau program Adiwiyata. Bagaimana mengajak seseorang untuk peduli Adiwiyata tetapi tidak mereka sadari?,  perlu ada program program khusus yang hasilnya bisa mendukung program Adiwiyata. 

Sebelum berpisah kepala MTsN 7 Kediri menyerahkan buku karya beliau yang berjudul Madrasah Anti Sampah Plastik. Buku ini bercerita tentang Adiwiyata dan pengelolaan sampah organik maupun anorganik dan madrasah sehat. Semoga dapat menginspirasi walaupun kecil, semua guru karyawan dan siswa siswi SMKN 1 Trenggalek meraih Adiwiyata Nasional. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga kami tim AW MTsN 7 Kediri bisa berkunjung ke SMKN 1 Trenggalek untuk membantu, mendukung sepenuhnya dan sekuatnya menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.

Penulis: Muza

Editor: zar-8i

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget