Bimtek penerapan EDM dan E-RKM Putaran tiga


Kediri, 20/12/2020. Bimtek penerapan EDM dan  E-RKM untuk madrasah dalam  putaran ke 3 telah berlangsung sejak hari Senin, 14 S/D 18 Desember 2020. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan di MTsN 8 Kediri secara penuh. Namun, karena  ada suatu hal lokasi Bimtek  dipindah ke MTs Hasan Muchyi Kapurejo kecamatan Pagu. Bimtek itu dihadiri 26 madrasah, yang terdiri dari kepada madrasah, pegawai, dan bendahara madasah.



Acara  Bimtek dibuka oleh Dr. Banu Sodikun, M.Pd.I.  pengawas Kemenag kabupaten  sekaligus Tim Inti Kabupaten Kediri.  Bimtek penerapan EDM dan E-RKAM ini dilaksanakan selama lima hari, diharapkan setelah bimtek ini seluruh peserta dapat melaksanakan penyusunan EDM dan RKAM dengan benar, ujar Banu mewakili Kepala  Kementerian Agama  kabupaten Kediri.


Bimtek dalam putaran tiga ini menghadirkan narasumber Tim inti provinsi Emi Rosyidah dan Tim Kabupaten, Banu Sodikun, Siti Marfi'ah, Sahroeni, Moh. Rouf Ismail, Nurhayati, dan Mar'atus Kibtiyah.



Emi Rosyidah menyoroti tentang isu - isu strategis yang terkait dengan peningkatan kualitas madrasah, di antaranya tentang persoalan ketimpangan jumlah institusi dan jumlah peserta didik antara madrasah negeri dan swasta.

Sahroeni, menjelaskan topik Perencanaan dan penganggaran Madrasah berbasis kinerja. Dalam keteranganya Eni menyatakan perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja merupakan suatu proses perencanaan penganggaran dengan mengidentifikasi output dan outcame yang dihasilkan suatu program atau pelayanan. Dalam Anggaran kinerja, program kegiatan itu menghubungkan antara pengeluaran dan hasil yang dicapai.


Anggaran berbasis kinerja itu penting untuk menciptakan good govermence dan value for money. Prinsip penganggaran berbasis kinerja yaitu target kinerja dan standar analisis belanja.

Sementara itu Siti Marfi'ah tentang '8 Standar Nasional Pendidikan'.

Mar'atul Kibtiah memaparkan 'langkah-langkah penyusunan EDM sebagai dasar penyusunan RKAM'. 





Moh. Rouf Ismail menyampaikan 'langkah-langkah penggunaan aplikasi e-RKAM'.

Kegiatan tersebut langsung di pantau LSP  dari Jakarta, sekaligus untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut berlangsung lancar tanpa kendala. 

Reporter: Sahroeni

Editor     : Putri Chakiki

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget