Strategi membumikan Literasi

 


21 November 2020 pukul 09.00 WIB. MediaGuru mengadakan webinar yang bertema Strategi membumikan literasi. Webinar  live di Zoom dan YouTube ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta. Acara dibuka oleh  Febri Suprapto sebagai host, dilanjutkan  Mohammad Ihsan sebagai CEO Mediaguru. Dalam acara tersebut terdapat 7 pembicara yaitu :

1. Bundo Yasmi - Sumatra Barat

2. Dewi Sri - Sumatera Utara.

3. Magfur Qumaidi - Jawa timur

4. Prawiro Sudirjo - Jawa barat

5. Titik Soertirahajoe - Grobogan-Jawa Tengah

6. Alphian Sahrudin - Sulawesi Selatan

7. Agusrida Rida - Sumatra Barat

Muhamad Ihsan memaparkan tentang kegiatan MediaGuru selama beberapa waktu ke depan yang sudah terjadwal. Webinar tersebut untuk menyambut HGN.



"Acara ini seharusnya diadakan di Jakarta. Namun, karena situasi covid-19 maka acara menggunakan webinar melalui zoom dan yaoutobe,' ungkapnya dalam membuka acara.

usai sambutan CEO MediaGuru, Semua pemateri satu persatu memperkenalkan diri,  sekaligus menyampaikan tentang kiprahnya dalam organisasi yang digelutinya. 

"Gerakan literasi harus dimulai dari dari sendiri kemudian ditularkan kepada orang lain, dengan cara mengajak semua pihak," kata Yasmi, perempuan yang biasa disapa Bundo.

Demikian pula Dewi juga menyatakan hal senada, bahwa untuk mengerjakan literasi harus melibatkan semua pihak.

Maghfur mengatakan, untuk bergerak harus berasal dari diri kita sendiri, karena perubahan akan terjadi bila setiap orang mau berubah. "Semua komponen penting, namun yang penting adalah kemauan untuk berubah itu sendiri." Pungkasnya saat menutup pembicaraannya.

Peserta diberi kesempatan untuk bertanya kepada para pembicara. Mengingat waktu yang sangat terbatas banyak pertanyaan yang belum sempat dijawab. Namun, pemateri memberi kesempatan kepada peserta untuk menghubunginya melalui melalui WhatsApp.

Dalams webinar tersebut juga terdapat Kuis yang berhadiah Beasiswa pelatihan Mediaguru. Peserta  juga mendapatkan sertifikat gratis.

Selama kegiatan berlangsung,  siswa-siswi MTsN 7 Kediri pun tak terlewatkan. Siswa yang tergabung dalam Gerakan menulis buku, antosias mengikuti acara tersebut. Selain mendapat tugas meliput acara, pembina Literasi, Maghfur juga merupakan salah satu pemateri acara tersebut. 

 "Saya senang mengikuti webinar, karena semakin banyak pengetahuan yang kami dapat, kata Putri Cakiki, anggota Tim jurnalis.

"Selain senang, saya mendapat tugas untuk meliput acara tersebut untuk dimasukan di Teropong Madrasah, ujar Zarit, wakil ketua tim jurnalistik.

Penulis: Zar-8i Kiki-7d

Editor: Tim Jurnalis

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget