"SELAMAT HARI ULANG TAHUN KE 25" MTsN 7 Kediri


Oleh: Dra. Ninik Hariyani, M.Pd.I.

 Hari ini, 25 November merupakan hari lahirnya madrasah tercinta ini.  Tepat dihari ulang tahunnya, sudah sepatutnya kami untuk flashback dan berbagi tentang sejarah awal berdirinya madrasah ini. Pada tahun 1973 telah berdiri sebuah lembaga Pendidikan Guru Agama (PGA) Ma'arif Pare Kab. Kediri. Seiring dengan antusiasnya masyarakat semakin banyak, maka pengelola PGA Ma'arif untuk diusulkan menjadi lembaga negeri. Maka, mulai saat itu berubahlah menjadi PGAN 4 tahun. Dalam perkembangannya pada tahun 1978 diubahlah menjadi MTsN 2 Pare kab. Kediri. Karena pada tahun tersebut ada peraturan yang menyebutkan bahwa dalam satu kecamatan tidak boleh berdiri MTsN lebih dari satu lembaga, maka pemerintah merelokasi MTsN 2 Pare ke Kabupaten Gresik.  


Relokasi MTsN 2 Pare tersebut hanyalah untuk lembaganya, sedangkan SDM (Sumber Daya Manusia)-nya tidak ikut pindah dan lokasi bekas madrasah tersebut masih layak digunakan. Mengingat keberadaan sumber daya tersebut, maka dibentuklah MTsN Filial Pare Kab. Kediri, yang di pimpin oleh Bapak. H. Ridlowi, BA, dengan Wakil Kurikulum Bapak  Drs. Imronudin Huda.

Kemudian pada tahun 1994, MTsN Filial diupayakan dengan sekuat tenaga untuk diusulkan penegerian kepada Departemen Agama RI menjadi lembaga negeri yang mandiri. Akhirnya madrasah tersebut, oleh Menteri Agama No.515A tahun 1995, Tanggal 25 November 1995 berdirilah lembaga Negeri dari MTsN Filial Pare Kab. Kediri Menjadi MTsN Jombang Kauman kab. Kediri dengan alamat di Jl. Jombang Gg. II Kauman Pare Kab. Kediri. Untuk pertama kalinya Bapak Drs. Imronudin Huda yang menjadi Kepala MTsN Jombang Kauman tersebut. 

Berkat usaha yang kuat dan ikhlas oleh Bapak Kepala Madrasah pada saat itu, maka tahun 1996 MTsN  Jombang Kauman direlokasikan ke Jln. Kebonsari No.1 Kencong kec. kepung Kab. Kediri. Kemudian berdasarkan keputusan Menteri Agama RI no. 673 Th 2016 ttg perubahan nama MAN, MTsN, dan MIN Provinsi Jawa Timur, maka MTsN Jombang Kauman berubah menjadi  MTsN 7 Kediri.

Untuk diketahui ketahui sejak MTsN Filial hingga berubah menjadi MTsN 7 Kediri, telah 7 kali pergantian kepala Madrasah. Di antaranya, 1. H. Ridlowi: ...s.d 1995 pimpinan MTsN Filial. 2. Drs. Imronuddin Huda: 1995 s.d 2001 kepala MTsN Jombang Kauman. 3. Drs. Muzayin:  2001 s.d  2004,  kepala MTsN Jombang Kuman. 4. H. Muhammad Tarmidi, S.Pd: 2004 s.d 2009. Kepala MTsN Jombang Kauman. 5. Drs. Imam Maksum : 2010 s.d 2011 Kepalal MTsN Jombang Kauman. 6. Drs Jamiluddin, M.Pd.I:  2011 s.d 2015.  7. Muhammad Zainuddin, S.Pd., M.Pd.I : 2015 s.d sekarang.

Inilah sekilas sejarah berdirinya MTsN 7 Kediri, yang kam himpun dari berbagai sumber, salah satu di antaranya adalah saksi hidup perjalanan MTsN 7 Kediri, beliau adalah Bapak Drs. Sodiq.

Editor: Maghfur

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget