Peran Seorang Guru


Penulis: Isna Ariefatul Muhimmah

Guru adalah pelita disetiap zaman, tanpa guru, niscaya manusia bagaikan buntal kembung. Karena pendidikan adalah suatu upaya untuk menyelamatkan manusia dari sifat kebodohan. Keberadaan guru sangatlah penting, sebab tanpa adanya pendidik maka tidak akan ada pendidikan. Guru adalah orang yang mengajarkan hal baru, hal yang belum diketahui oleh muridnya di jalur pendidikan.

"Aku bisa menulis, karena guru yang gigih melatihku dari belum bisa menjadi bisa,"

"Aku bisa membaca, karena guru yang selalu membimbing,"

"Aku bisa menghitung, karena guru yang sabar mendidik,"

"Aku bisa mengerti banyak hal, karena guru yang senantiasa mengajar,"

"Aku bisa membedakan yang baik dan buruk, karena guru yang tak henti mengarahkan,"

"Dan aku bisa menulis saat ini, juga karena guru yang telaten membimbing dan melatih aku,"

Guru adalah profesi yang behubungan dengan kualitas manusia yang dibimbingnya. Peran guru sangat penting dalam membentuk manusia yang berkualitas. Kualitas juga merupakan kunci kesuksesan, karena semakin berkualitas seseorang, maka semakin besar pula kesempatan orang itu menuju kesuksesan. 

Guru adalah orang pertama dan utama dalam pendidikan untuk meningkatkan pendidikan. Pendidikan adalah alat pencetak generasi bangsa. Guru adalah seorang pemimpin, seorang pemimpin yang cara berpikir, sikap, dan perilakunya baik di dalam dan di luar kelas menjadi panutan bagi murid-muridnya. 

Guru bukan hanya seorang yang berdiri di depan kelas dan kata-katanya di dengar namun, guru juga mendengarkan kesulitan yang dihadapi oleh muridnya. Guru juga memberi jalan keluar dari kesulitan yang dialami muridnya.

Guru tidak selalu dihadapkan dengan murid yang penurut. Terkadang ia juga harus mengahadapi berbagai kenakalan yang diperbuat muridnya, namun segala maaf selalu ia berikan. 

Pengorbanan yang diberikan guru kepada muridnya amatlah besar. Ia rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya demi bisa menyalurkan ilmu yang dimilikinya. Seperti apapun keadaannya, beliau selalu berusaha agar tetap bisa sampai di sekolah untuk mengajar muridnya. Kiloan meter ia tempuh, hujan deras dan panas menyengat, ia terjang utuk bisa sampai di sekolah. 

Ketika di masa pandemi Covid-19 seperti ini, peran guru sangatlah penting mengingat proses pembelajaran yang sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan tatap muka. Guru tidak hanya mengajar, membimbing, dan mendidik tapi juga menjadi motivator, invator dan evaluator bagi murid.

Sebutan pahlawan bukan hanya untuk seorang yang berjuang mempertahankan negaranya dari serangan penjajah. Tapi juga untuk seorang yang berjuang untuk menyelamatkan manusia dari kebodohan. Beliau adalah guru, pahlawan tanpa tanda jasa. Sebab, sebesar apapun jasa yang ia berikan, tidak ada tanda pangkat bintang 1, bintang 2, dan bintang lainnya yang ia terima. Namun, tidak sedikit orang yang telah berhasil lupa akan jasa orang yang telah membuatnya berhasil. 

Sebagai bentuk apresiasi untuk seluruh insan yang bergelar guru di Indonesia, diperingati Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional berhubungan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia pada tanggal 25 November 1945. Kini setiap tangga 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

My teacher is my inspiration. Without you what i would be. To my noble teacher, we will always remember your service. Continue to be a lamp for the nation's children, thank you for the teachers who have sincerely guided and educated us to become what we are today. 

Editor: Zar-8i

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget