Muhammad Yamin, Sang Inspirator Sumpah Pemuda.

 


Pada hari ini, seluruh warga Indonesia memperingati sebuah peristiwa yang sangat bersejarah dan sangat penting, yaitu Hari Sumpah Pemuda. Puluhan tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia sedang mengadakan kongres yang nantinya menghasilkan Sumpah pemuda. Bagaimana kah sejarahnya? Simak lengkap berikut ini.

Dikutip dari Kompas.com. sebelum lahirnya sumpah pemuda, dahulu di berbagai daerah Hindia Belanda terdiri beberapa organisasi pemuda yang nantinya akan mengadakan kongres. Awal mula sumpah pemuda ini berawal ketika Mohammad Yamin menerbitkan sebuah buku yang berjudul tanah air. Lalu dalam masa enam tahun tumbuh berbagai kesadaran baru di kalangan para pemud, yaitu kesadaran tentang musuh yang nyata, yaitu Belanda. Kesadaran tersebut membuat para pemuda Menggalang persatuan dalam sebuah kongres pemuda pertama. Namun sumpah pemuda pada saat itu masih belum lahir. Sumpah pemuda baru lahir 2 tahun kemudian,  ketika diadakan kongres pemuda kedua. Kongres pemuda kedua ini melahirkan sebuah deklarasi yang kita kenal pada saat ini Sumpah Pemuda. Tokoh yang sangat berjasa dalam merumuskan deklarasi tersebut ialah Moh Hatta.

Pada saat kongres berjalan, ia menyodorkan secarik kertas yang berisi gagasan sumpah pemuda. Ia menyodorkan kertas tersebut kepada Soegondo Djojopoespito, yang pada saat itu menjadi ketua kongres. Tak lama kemudian lahirlah sumpah pemuda, yang merupakan langkah awal dari kemerdekaan Indonesia. Untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya diputar di Kongres Kedua oleh WR. Soepratman.

Penulis: Eky 9c

Editor: Dinda 8i

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget