MTsN 7 Kediri Menjadi Tuan Rumah KSMO Jawa Timur

 

Sabtu, 24 Oktober 2020. Meski di Jawa Timur masuk zona kuning dengan penyebaran Covid-19  yang semakin menurun, bukan berarti  abai  terhadap virus tersebut. Semua kegiatan harus tetap mematuhi protokol kesehatan, demikian dalam kegiatan Kompetensi Sain Madrasah Online (SMO) Jawa Timur, tetap mengikuti rambu-rambu untuk mencegah penyebaran virus korona. Kegiatan KSMO diselenggarakan di sembilan madrasah Kabupaten Kediri. Kompetisi tingkat Madrasah Ibtidaiyah diadakan di MTsN 1 Kediri, MTsN 2 Kediri, MTsN 3 Kediri, MTsN 6 Kediri, dan MTsN 7 Kediri. Sementara tingkat Madrasah Tsanawiyah diadakan di MAN 1 Kediri, MAN 2 Kediri, MAN 4 Kediri, dan MAN 5 Kediri. 

Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama tiga hari, untuk tingkat MI dilaksanakan pada hari Sabtu, tingkat MTs diadakan pada hari senin, dan tingkat MA pada hari selasa. Materi yang dipertandingkan untuk tingkat MI meliputi 5 mata pelajaran, yaitu Matematika, IPA, Bahasa Arab, PAI, dan Bahasa Indonesia. Tingkat MTs terdapat 6 mata pelajaran yang dilombakan, antara lain MM, IPA, Bahasa Arab, PAI, Bahasa Inggris, dan IPS. Sementara tingkat MA terdiri dari 9 Mata pelajaran yaitu MM, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Bahasa Arab, PAI, dan Bahasa Inggris. Dibagi menjadi 3 sesi, Sesi 1 diadakan pada pukul 07.30-09.30 WIB, sesi 2 pukul 20.30-12.30 WIB, dan sesi 3 pukul 13.30-15.30 WIB.

MTsN 7 sebagai tuan rumah telah menyiapkan  lokasi, meski pemberitahuannya sangat mendadak. “Pelaksanaan KSMO di Madrasah khususnya di MTsN 7 Kediri bisa dikatakan sangat mendadak karena baru dikabarkan pada Jum'at dini hari kalau MTsN 7 Kediri dijadikan tempat Simulasi sekaligus tuan rumah Kompetisi Sains Madrasah Online tingkat MI. Kami sangat berterimakasih kepada semua panitia yang telah bekerja keras mewujudkan kegiatan ini hingga lancar dan sukses," pungkas Muhammad Zainuddin, Kepala MTsN 7 Kediri.




Sementara itu, peserta serius mengikuti kompetisi itu, "Tim kami yang berjumlah 3 anak telah mempersiapkan lomba ini secara matang sejak Minggu kemarin dengan dibimbing guru kami," ujar Arisa salah satu peserta olimpiade PAI, siswi MI Bustanul Ulum Tunglur. 

Salah satu peserta dari MI Kandat juga mengatakan, bahwa tadinya sempat ada kendala saat ia mengisi nama, pihak panitia pun segera membantunya. "Saya mendampingi 6 anak didik saya, tiga anak ikut kompetisi sains IPA, dan yang satunya lagi mengikuti kompetisi sains mapel PAI. Namun karena ada pandemi Covid, terpaksa bimbingan kami adakan di rumah masing-masing dengan memberi latihan soal," ungkap Khoirun Nadhifah, salah satu pendamping dari MI Bustanul Ulum tersebut.

Menurut Isrofil Amar salah satu panitia pelaksanaan KSMO dari MTsN 7 Kediri yang berada di lab 1 berkata, "Alhamdulilah semua peserta sesi 1 dan sesi 2 datang dengan tepat waktu dan semua peserta mengerjakan soal dengan jujur." Sebelum diadakannya kegiatan ini para panitia menata ruang lab, menata client atau komputer, dan mengecek kabel jaringan internet. 

Acara tersebut diikuti oleh 55 peserta dari beberapa Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Kediri, bertempat di LAB Komputer 1 dan 2. Kompetisi sains IPA ruang satu 20 peserta, dan ruang dua 13 peserta. Sementara Kompetisi Sains PAI, ruang satu sebanyak 20 peserta dan ruang dua 2 peserta. 

Penulis: Din-8i

Editor: Zar-8i

Foto: Vina-7c & Kiki 7d

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget