KANGKUNG


Oleh: M. Maghfur Qumaidi

Kangkung sepertinya cukup familier di lingkungan kita.  Tumbuhan yang berdaun segitiga kecil panjang itu dapat kita temui di mana-mana, mulai dari ikatan-ikatan kecil di pasar, hingga restoran mewah di kota metropolitan. 

Saya hobi membudidayakan tumbuhan. Namun, baru kali ini menanam tumbuhan yang bernama latin ipomoea aquantica. Sebenarnya  ini sekedar survive dari serangan tikus yang hampir dua tahun sehingga banyak petani yang gagal panen. Karena hampir semua tanaman dirusak oleh hewan pengerat itu, mulai padi, jagung, dan tanaman lain, bahkan tebu pun juga dipotong batangnya. 

Abaikan dulu tentang tikus, karena sejak dulu tikus memang hewan perusak tanaman, dan pada waktu tertentu juga hilang dengan sendirinya, tiba-tiba lenyap ditelan bumi.

Kembali tentang kangkung, saya tiba-tiba penasaran, adakah manfaat kangkung selain hanya sekadar untuk menemani nasi di dalam piring.

Saya mencoba membaca artikel, ternyata kangkung punya manfaat yang luar biasa. Tumbuhan yang biasa disebut bayam air itu bukan sekedar, menamani gurami bakar saat di restoran. Tapi, ini mengandung manfaat untuk tubuh kita. Seperti membantu sistim pencernahan, menjaga kesehatan ginjal, sumber vitamin, mencegah radikal bebas, kekebalan tubuh, mencegah kangker, dan menyehatkan jantung.

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget