Tes Jurnalistik Test Tahap Pertama, dua, dan Tiga

 

MTsN 7 Kediri, Kamis 5 Agustus 2020. Seperti diberitakan kemarin bahwa jurnalist MTsN 7 Kediri melakukan rekruitmen untuk menjadi tim jurnalis.

Hari pertama peserta mengumpulkan video tentang perkenalan. Hingga malam panitia menyeleksi hasil rekamannya. Hasilnya asyik, lucu, dan lugu. Cara berpakaian mereka juga bermacam-macam, mulai hanya pakai kaos hingga memakai seragam barunya. Terus terang panitia kebingungan video yang masuk ke dalam kolom WhatsApp nya bagus-bagus. Sepertinya mereka layak untuk diterima. Namu, kuota terbatas, hingga panitia tetap menyeleksi siapakah yang terbaik.


Hari kedua mengerjakan soal yang kedua dan ketiga. Kami benar-benar kagum terhadap tulisan mereka, benar-benar bagus, padahal mereka belum ikut Diklat literasi, bisa dibayangkan setelah diadakan Diklat pasti akan lebih baik. Namun, di tengah kekaguman panitia, ada salah satu peserta yang melakukan plagiasi. Pada awal tahap administrasi saya sudah memiliki kejanggalan saat membaca tanggapannya di google form, namun tidak menyangka akan ada kasus plagiasi. Sungguh kami terkejut, ucap Ive ketua panitia. Kami juga, ujar Dinda yang sejak awal ikut menyeleksi. Setelah itu kami merundingkan nya dengan pembina kami. Peserta itu tetap diikutkan untuk mengikuti test tahap berikutnya. 


Di tahun ini ternyata tidak sedikit santri pondok yang meminati ekstrakurikuler Jurnalistik MTsN 7 Kediri. Terutama para anak baru masuk kelas 7 ditahun ajaran baru ini. Tingkah lucu malu-malu, masih ragu untuk berbicara dan saling mengobrol membuat para panitia sedikit tertawa. Kami semua panitia selalu menghibur dan saling berkomunikasi agar akrab sesama tim. Dan sampai sekarang semua peserta dan para panitia pun saling berkomunikasi dan bergurau bersama. Ada pula peserta yang belum mengetahui apa itu jurnalis, dengan sabar panitia menjelaskan satu persatu sampai paham betul. Betapa senangnya menulis sebuah karya yang dituliskan sendiri.

Hingga berita ini diturunkan Panitia masih sibuk melakukan seleksi. (Zar 8i - Ive 9B)

Editor : (Dinda 8i )

Post a Comment

Previous Post Next Post