WEBINAR LITERASI (Memantik imajinasi menuai literasi)


     Pada tanggal 10 Juli 2020 bertepatan pada hari Jum’at telah diadakan seminar literasi dengan tema memantik imajinasi menuai literasi. Acara tersebut diadakan pada pukul 19.00-21.00 WIB. Acara ini dilaksanakan menggunakan aplikasi zoomi. Acara tersebut diadakan oleh dangau tuo institue.
   Acara tersebut diisi oleh Mohammad Aliman Shahmi sebagai host, yang merupakan founder dari dangau tuo institue. Acara tersebut juga dibintangi oleh  Iqbal Musa sebagai pembicara, yang merupakan founder dari rumah Nusantara dan Emhaf , yang merupakan seorang penyair dan penulis buku Hamka: Retorika sang Buya. Kedua pembicara tersebut saling memberi motivasi kepada peserta.

   Banyak peserta dari madrasah maupun sekolah lain yang mengikuti acara tersebut. Terdapat sebuah kendala yang dialami oleh salah satu murid dari MTsN 7 Kediri yang tidak dapat mengikuti acara ini ,dikarenakan aplikasi zoom cloud yang  bermasalah. Sebenarnya, anak tersebut  sangat ingin mengikuti acara tersebut.  Sempat kesal karena tidak bisa mengikuti acara tersebut, dan sempat juga complain kepada salah satu admin, namun sudah tak dapat mengikuti acara tersebut.
   Acara seminar tersebut diawali dengan perkenalan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan pembicara 1 yaitu Iqbal Musa yang memberikan motivasi tentang pengalamannya dalam mengembangkan literasi dari desa ke kota. Setelah  Iqbal Musa selesai memberikan motivasi kepada para peserta, dilanjutkan oleh pembicara 2 yaitu Emhaf memberikan motivasinya dalam menjadikan sebuah imajinasi menjadi literasi. Disini, kita di beri kesempatan untuk menuliskan apakah benda yang kita pegang dan diberikan waktu untuk berimajinasi dan menuliskan sebuah kalimat. Banyak peserta yang menuliskan benda dan imajinasi mereka. Setelah pembicara selesai memberikan motivasinya, dilanjutkan dengan acara tanya jawab, para peserta diperbolehkan memberikan sebuah pertanyaan. Pada saat itu, ada 2 orang pelajar yang menanyakan sesuatu dan dijawab oleh para pembicara. Setelah selesai,  Shahmi mengucapkan maaf dan terimakasih kepada para peserta yang telah bersedia mengikuti acara tersebut. Lalu, para peserta pun diijinkan untuk keluar dari seminar. Sedangkan para pengisi acara melanjutkannya dengan mengadakan reuni.
   Di dalam acara ini, kita diberikan penjelasan apakah arti dari sebuah literasi yang sesungguhnya dan mengajarkan bahwa sebuah imajinasi dapat menjadi sebuah literasi. Banyak sekali motivasi-motivasi yang dapat kita dapatkan dan mendorong kita untuk lebih mencintai dan mengembangkan literasi.
Penulis Han-D’27
Editor Zar-I’27

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget