TAHUN AJARAN BARU 2020/ 2021 DITENGAH PANDEMI COVID19 ZONA KUNING. ORANGE, MERAH DAN HITAM



       Tahun Ajaran Baru 2020\ 2021 kurang beberaapa hari lagi, pemerintah belum membuka kanal dan pintu gerbang masuk sekolah selebar lebarnya karena zona invasi virus covid tidak terbendung dengan baik, bukan salah pemerintah tidak segera membuka pintu pendidikan tapi kesadaran masyarakat sendiri yang tidak berupaya untuk mencegah penyebaran virus covid, buktinya banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan  tidak memakai masker,  tidak menjaga jarak aman dan tetap berkerumun hal inilah yang menyebabkan tidak segera menjadi zona hijau, hijau bagi dunia pendidkan sangat lah di harapkan, sudah terlalu lama guru terpisah dengan para muridnya. Bapak Ibu Guru Karyawan, Kepala madarsah  harus tetap sadar bahwa virus Covid belum berlalu dari bumi kita oleh karena itu tauladan dan kampanye mematuhi protokol covid tetap dilaksanakan, jika bapak ibu melanggar apalagi para siswanya, siswa adalah siswa jika diperingatkan kadang tidak menghiraukan, oleh karena itu kita harus ikhlas memperingatkannya dan tentunya tauladan yang baik dan benar tetap kita tunjukkan. Zona Kuning, Orange, Merah, dan Hitam kita lah yang berperan jika kita semua mematuhi protokol kesehatan maka dengan cepat zona hijau pasti tercapai.
       Hasil rapat koordinasi dengan penma kemenag kab. Kediri  yang di pimpin oleh bapak kasi Penma, Drs. Enim Hartono, M.Pd. Menegaskan bahwa kementerian agama belum membuka pendidikan bahkan pemerintah daerah pun belum ada sinyal hijau untuk membuka pintu sekolah padahal tanggal 13 juli merupakan awal masuk tahun ajaran baru. Apabila madrasah ingin memasukkan siswanya khususnya siswa baru yang belum tahu almamater barunya harus punya SOP jelas dan mendapatkan ijin dari camat dan polsek setempat dan bertanggung jawab atas kegiatannya tersebut. Sampai berita ini diturunkan belum ada edaran bahwa siswa  diperbolehkan masuk sekolah atau madrasah.

       Bagaimana menyikapi hal tersebut?  Madrasah dan gurunya harus mempersiapkan pembelajaran secara daring atau E-learning  yang membutuhkan beberapa persyaratan alat elektronik seperti handpone android wajib ada secara minimal, data internet harus lancar, bila tidak terpenuhi harus ada alternatif lain yaitu dengan pendampingan, home visit dengan menunjukkan  vidio pembelajaran, gambar atau pemberian tugas. Bagi siswa lama artinya untuk tingkat Mts siswa kelas 8 dan kelas 9 sudah tidak begitu menjadi halangan walaupun banyak kendala, namun bagi siswa baru yang belum kenal dengan gurunya, madrasahnya  maka perlu wawasan wiyata mandala, perlu sosialisasi program madrasah, sosialisasi pembelajaran daring tetunya menjadi problem tersendiri bagi madrasah guru, siswa dan wali muridnya.  Sedikit bisa menjawab tantangan ini khususnya untuk siswa baru harus sudah terbentuk kelas dan wali kelasnya melalui WEB madrasah  diumumkan agar para siswa baru menghubungi wali kelas masing masing untuk mendaftarkan nomer HP-nya  sebagai salah satu koneksi bagi wali kelas untuk terhubung secara daring dengan siswa maupun wali murid jika nanti awal tahun ajaran baru tetap belum dibuka pinta gerbang pendidikan. Sebagai penutup acara rapat koordinasi ini Bapak Kepala Kantor Dr. Zuhri, M.Si.  menyampaikan sedikit clossing, bahwa belajar boleh dimana saja, bisa dirumah, luar rumah, dimadrasah dan dimana saja, siswa baru ingin bertemu tidak bisa, bukan sekehendak hatinya   menghadirkan siswa tanpa  mematuhi protokol kesehatan dan ijin camat dan polsek setempat, bahkan ijin dari orang tua juga lebih penting. Koordinasi dengan gugus covid tingkat kecamatan, kabupaten, kemenag kabupten dan penma harus selalu tejalin. Wawasan wiyata manadala dan sosiali sasi daring bisa dibuatkan vidio dikirim melalui website, instagram,  youtube atau Whatsapp. Hudup di New Normal harus saling koordinasi sebagai kata penutup dari bapak kepala kantor kementerian agama kabupaten kediri.
       Untuk para siswa semua tidak usah gusar bingung dan gelisah ini lah new normal yang serba digital, oleh karena itu sering seringlah mengunjungi situs situs madrasah untuk mendapat informasi yang uptodate, baik perkembangan covid maupun perkembangan madrasah.  
       Tetap semangat, Jaga kesehatan, wajib memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun, jaga jarak aman dan hindari kerumunan jangan lupa tetap bahagia. (muza.mtsn7)
Editor: Tim Jurnalis

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget