Kepala Kantor Saksikan Penyerahan Akta Ikrar Wakaf Tanah di Kecamatan Kandat



Kab. Kediri (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri Zuhri, menjadi saksi acara penyerahan Akta Ikrar wakaf tanah yang berlangsung di aula Kantor KUA Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Adalah Ibu Nurhayati. Wanita paruh baya dari Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupten Kediri ini, secara ikhlas menyerahkan sebidang tanah seluas 324m yang terletak di Dusun Kartosaro Desa Kandat Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Cerita ini berawal dari almarhum suami ibu Nurhayati, yang tahun 2016  mewakafkan sebidang tanah kepada nadir Supinto. Kemudian tanah tersebut di bangun sebuah masjid yang dikelola oleh suami Bu Nurhayati. Namun, setelah suami Bu Nurhayati wafat dua tahun lalu, masjid tersebut tidak terurus. Karena kondisi masjid yang tidak terurus itulah, Bu Nurhayai selaku ahli waris berkonsultasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri, untuk mencari solusi agar masjid tersebut tetap bermanfaat bagi masyarakat dan umat sekitar. Dari hasil konsultasi itu, bapak Kepala Kantor menyarankan agar  Ibu Nurhayati dan keluarganya, mewakafkan masjid tersebut kepada Yayasan Makhrusiyah Lirboyo, supaya di pergunakan untuk kemaslahatan orang banyak. 

Berdasarkan saran dari Kepala Kantor itulah, akhirnya Selasa tanggal 28 Juli 2020, Ibu Nurhayati dan keluarga mewakafkan sebuah masjid yang berdiri di atas tanah seluas 324 m tersebut kepada Yayasan Al-Makhsrusiyah Lirboyo. Dan penyerahan akta ikrar wakaf tersebut secara simbolis di serahkan ibu Nurhayati selaku wakif kepada ketua Yayasan Al Makhrusiyah Gus Reza, selaku Yayasan Al Makhrusiyah Lirboyo, di saksikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kediri, Kepala KUA Kecamatan Kandat, para saksi dari pihak keluarga maupun aparat Desa setempat. Saat menyerahkan akta ikrar wakaf tersbut, Ibu Nurhayati berharap agar masjid dan lahan kosong di sekitarnya, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat dan masyarakat sekitar. Sementara itu, Gus Reza selaku Nadir berjanji akan mendirikn lembaga pendidikan berciri khas pondok pesantren di tempat tersebut, agar umat dan masyarakat di sekitarnya dapat merasakan manfaatnya. 

Kepala Kantor selaku pihak yang telah mengupayakan terjadinya penyerahan ikrar wakaf ini berharap, agar niat mulia dari pihak wakif mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT, kepada Nadir Ia berharap, agar dapat menjaga amanah pihak wakif dan mempergunakannya untuk kegiatan-kegiatan pendidikan yang mampu megangkat derajat dan tarah hidup masyarakat sekitar. Sedangkan Kepala KUA Kecamatan Kandat Zhudah, selaku PPAIW Kecamatan Kandat berjanji, akan segera berkoordinasi dengan pihak pertanahan Kabupaten Kediri, untuk pengurusan sertifikat, sehingga pihak Nadir segera melakukan kegiatannya.(Paulo/Syaiful)
Editor: Maghfur

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget