MGMP Mapel IPS MTs Kab Kediri Gelar Workshop Literasi Numerasi

MTsN 7 Kediri 6/2/2023. Bertempat di meeting room MTsN 7 Kediri, MGMP IPS MTs melaksanakan workshop literasi numerasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 80 peserta dari MTs Negeri dan swasta. 

Workshop dibuka oleh Abas Shofwan, kepala MTsN 7 Kediri. Dalam sambutannya Abas menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta. 

"Kami harapkan kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan sebaik-baiknya sehingga workshop ini benar-benar menjadi kegiatan yang bermanfaat," ungkapnya.

Kegiatan tersebut diisi oleh tiga pemateri dan sekaligus sebagai pendamping, diantaranya, Mch Bachrudin pengawas kementerian agama kabupaten Kediri, Indomi Jus Prabowo ketua MGMP IPS Kabupaten Kediri, dan M. Maghfur Qumaidi, guru IPS MTsN 7 Kediri.

Selain menyampaikan materi Bachrudin, juga memberi motivasi agar guru di lingkungan kementerian agama berani dan percaya diri, serta terus melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 

Sementara Indomi Jus Prabowo lebih banyak menyoroti tentang ketertinggalan Indonesia dalam literasi numerasi.

"Indonesia dalam urutan 62 dari 70 negara," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, selaku ketua berharap kegiatan workshop benar-benar menghasilkan produk, sehingga workshop bukan sekedar formalitas. Selain itu dia juga menjelaskan, bahwa workshop tersebut masih berlanjut pada pertemuan di MTsN 9 Kediri yang akan datang.

Maghfur yang didapuk sebagai pemateri penulisan soal, mengulas tentang penulisan soal berbasis literasi numerasi. Mulai dari teknik pembuatan stimulus hingga menjadi soal yang siap disajikan. Namun, sebelum itu dia juga menyampaikan, bahwa soal-soal berbasis literasi numerasi dan numerasi harus diawali dengan pembelajaran literasi.

Peserta nampak antusias, mereka banyak merespon dengan berbagai pertanyaan dan problem yang terjadi di sekolahnya.

"Pak Sekolah saya swasta, dan apakah tidak terlalu berat dengan model soal tersebut," ungkap Anis salah satu guru IPS dari MTs Ma'arif Pare.

Maghfur menyampaikan pembelajaran literasi  numerasi harus dimulai dari sekarang, sebab kalau tetap membiarkan seperti yang sekarang, maka kita akan tetap pada urutan ke 62. 

Sementara itu Indomi menyakinkan bahwa pembelajaran dan jenis soal literasi dan Numerasi dapat diterapkan untuk siswa manapun baik negeri maupun swasta.

Setelah penyampaian materi, para peserta dikelompokkan menjadi 3 sesuai kelas masing-masing untuk menyusun soal berbasis literasi numerasi. Selain itu usai kegiatan tersebut  peserta juga mendapat pendampingan  secara online yang berlangsung hingga pertemuan yang akan datang.

Reporter, Penulis, dan editor: Jurnalis

Post a Comment

Previous Post Next Post