Guru Penulis 31 Buku MTsN 7 Kediri Raih Juara Anugerah GTK Berprestasi Nasional 2022

Surat keputusan Pejabat Pembuat Komitmen No 6723 tentang penetapan  pemenang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan  Tahun Anggaran 2022, yang ditandatangi oleh  Muhammad Zain Direktur GTK Madrasah Telah mengumumkan nama-nama Guru dan Tenaga pendidikan yang mendapatkan Anugerah dari kementerian Agama. Guru MTsN 7 Kediri, atas nama Muhamad Maghfur Qumaidi menjadi salah satu guru yang mendapatkan Anugerah tersebut.

"Saya tidak menyangka, karena saya tahu kemampuan saya, yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan kandidat lain," ungkap Maghfur 

Dia menceritakan selama sebulan harus berjibaku dengan waktu, ditengah aktivitasnya sebagai guru, dan sekaligus sebagai pembina jurnalistik yang saat itu juga menghadapi pertandingan School Contest Perang Mading Radar Kediri, dan mendapat juara sebagai the best content. Selain itu dia juga mengikuti even lomba yang diselenggarakan oleh PGRI dalam ajang HGN dan HUT PGRI ke 77, serta membimbing siswa dalam berbagai even, baik menulis artikel, puisi, jurnalis, dan lain-lain.

Guru yang menulis 31 buku itu, juga menyampaikan telah menulis karya ilmiah yang berjudul Media Pembelajaran Interaktif berbasis Software Articulate Story line dalam Pembelajaran IPS).

"Media ini sebagai alternatif solusi mengatasi kesulitan belajar siswa. Melalui media tersebut siswa dapat memilih cara belajar, bisa dengan mendengar, membaca, maupun  melalui video,"  ucapnya saat berada di ruang guru.


Selain itu guru yang pernah menjadi juara nasional menulis pendidikan karakter tahun 2018 itu juga menjelaskan bahwa, selain karya tulis dia juga menulis feature yang berisi tentang perjalanan hidupnya sebagai guru. 

"Tulisan saya 12 halaman, sengaja saya batasi, khawatir jurinya bosan membaca tulisan saya," ungkapnya.

"Selain itu saya juga melampirkan kegiatan-kegiatan ilmiah, Alhamdulillah 75% sertifikat saya sebagai pemateri nasional. Tapi saya tidak yakin, mengingat tentu banyak yang lebih dari saya.

"Sebenarnya saya hampir menyerah, dan tidak mau ikut dalam ajang ini, namun karena motivasi dan perintah bapak kepala madrasah, saya akhirnya mengikuti. Alhamdulillah membuahkan hasil.

"Anugerah GTK prestasi tahun 2022 ini bagi MTsN 7 Kediri adalah sebagai awal atau pemanasan. Kalau tahun ini masih Juara favorit tahun depan harus lebih dari sekarang. Semangat ini sejalan dengan visi dan misi madrasah yaitu untuk terus mencetak prestasi gemilang baik siswa ataupun guru," ungkap Abas Shofwan, Kepala MTsN 7 Kediri saat ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu,  Kepala Kemenag Kabupaten Kediri, H. Achmad Fa'is, S.Ag., M.HI, saat bertemu dengan Maghfur dalam puncak HGN dan HUT PGRI yang ke 77, menyampaikan, "Tetep semangat dan terus berprestasi."

Reporter/ Penulis : Nuzulin Ladayka Nur.

Editor                      : Mohammas Ikhsan dan Camila

Post a Comment

Previous Post Next Post