Sosialisasi Ecobrik dalam Ita Jamnas

Kab. Kediri. 13/8/ 2022. Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri berkolaborasi dengan gugus depan lingkungan hidup melakukan kegiatan sosialisasi ecobrik. Kegiatan ini diikuti oleh 52 anggota perwakilan dari Pimpinan Regu. 

Sosialisasi ecobrik dimulai pada pukul 13.00 WIB pada acara perkemahan Ita Jamnas Pramuka Kwarran Kecamatan Kepung di Wana wisata Ragil Kuning Krenceng Kepung.

Sosialisasi ecobrik selain menyampaikan teori juga praktik langsung membuat ecobrik yaitu batu-bata ramah lingkungan.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan dan tepuk tangan pramuka untuk menambah semangat dan keakraban acara. Istiqomah dari Tim Adiwiyata MTsN 7 Kediri membuka acara sekaligus sebagai narasumber yang di dampingi oleh Ali Ashar, anggota fokus daur ulang sampah dan tim pramuka gugus depan lingkungan hidup, teori dan praktik langsung di lokasi dengan peralatan yang sudah disiapkan sebelumnya. Meski hujan deras tetapi tidak mengurangi antusias peserta. 

Kegiatan dilakukan untuk memberikan informasi sekaligus kegiatan praktik cara mengurangi sampah plastik yang biasanya dibuang sia-sia di tempat sampah dapat menjadi ecobrik, barang yang lebih berguna bagi lingkungan.

Selain mempraktikkan cara membuat ecobrik kepada anak-anak SD. Kegunaan dari ecobrik tersebut bisa bermanfaat dengan dijadikan kursi untuk tempat duduk, meja untuk bersantai, dan sebagainya. Bahan yang digunakan untuk membuat ecobrik sangat ramah lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik yang masih bersih dan botol aqua ukuran 600 Ml. Cara membuatnya yaitu, botol aqua diisi dengan sampah-sampah plastik lalu ditekan-tekan menggunakan bambu sehingga aqua yang dijadikan ecobrik padat dan terisi penuh. Berat ecobrik yang diisi minimal seberat 200 gram atau 250 gram.

Reporter:  Putri Chakiki

Penulis : Oktiana Fitria Candra Vinata, Nuzulin Ladayka Nur 

Editor: Ananda Dwi Nabila Hasna

Post a Comment

Previous Post Next Post