Keluarga Besar MTsN 7 Kediri Laksanakan Shalat Iduladha

Minggu, 10 Juli 2022 Keluarga besar MTsN 7 Kediri melaksanakan  shalat Iduladha di masjid Al-Khautsar  halaman gerbang timur    MTsN 7 Kediri. Kegiatan tersebut berlangsung pukul 06.30 WIB hingga selesai. Jamaah yang hadir dalam shalat Id tersebut adalah guru, karyawan, dan siswa kelas 8 dan 9. 

Sebelum Shalat Id dimulai, Abas Shofwan, S.Pd.,M.Pd.I. menyampaikan bahwa Ibadah ini juga dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Selain itu dia juga memperkenalkan diri kepada seluruh jamaah, bahwa dirinya adalah kepala madrasah yang baru dan menggantikan Muhammad Zainuddin sejak tanggal 7 Juni 2022. 

Dalam shalat Id  tersebut yang bertindak selaku imam dan khatib Ustaz Ahmad Zainuri dari Desa Krenceng.


Dalam kubahnya, Ahmad Zainuri menyampaikan bahwa Idul Adha, mengingatkan pada Nabi Ibrahim dan Hajar, serta penyembelihan Nabi Ismail oleh Nabi Ibrahim AS, kemudian oleh Allah diganti oleh seekor kambing.

"Kurban bukan hanya bentuk persembahan atau tontonan orang kaya. Namun tentang kepekaan sosial, antara si kurang mampu dan orang yang telah berada," ungkapnya pada awal Kotbah.

"Bagi nabi Ibrahim dan jutaan manusia, bahwa seluruh rangkaian ibadah bukan untuk mengejar pangkat dan jabatan, tapi Allah SWT. Allah telah memberikan nikmat yang luar biasa, hingga patut kita syukuri," lanjutnya dalam Khutbah.

Dia mengingatkan bahwa nikmat itu tidak bisa dinominalkan dengan uang. Dia menyerukan  kepada umat muslim untuk bertaqwa dengan  cara menjauhkan larangan dan menjalankan perintah. 

Abas Shofwan, S.Pd., M.Pd.I,  selaku kepala  MTsN 7 Kediri ditemui usai shalat Id, menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakan shalat Id di madrasah, merupakan salah satu program tim PAI MTsN Negeri  7 Kediri. Selain shalat Id masih ada rangkaian yang lain seperti penyembelihan hewan kurban dan manasik haji.

Jadi ketika peringatan sholat ada beberapa kegiatan kan, salah satunya sholat id kemudian besok ada penyembelihan kurban.

"Tujuan melaksanakan kegiatan kegiatan ini peringatan iduladha tentunya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwa'an kita.

Kepala sekolah juga menyampaikan bahwa anak-anak diwajibkan untuk mengikuti sholat id. 

"Karena Shalat Iduladha itu tidak sama dengan sholat idul Fitri, kalau sholat idul Fitri itu setelah shalat itu langsung silaturahim, kalau shalat Idul Adha kan ada rentetan kegiatan seperti penyembelihan hewan kurban. Makanya itu sholat Iduladha itu diselenggarakan untuk semua keluarga besar MTs," jelas Abas

Reporter: Camilla Fhadillah Arifin 

Penulis Berita: Nuzulin Ladayka Nur 

Editor: Jurnalis 

Post a Comment

New comments are not allowed.*

Previous Post Next Post