Kado terindah dan Suguhan termanis dari Tim Literasi

Catatan Jurnalistik

Gerakan literasi telah berlangsung lama, sekitar lima tahunan. Sejak LIPM kanwil Kemenag tahun 2019, MTsN 7 Kediri dinobatkan sebagai Madrasah Literasi, madrasah terus bergerak menciptakan budaya literat pada seluruh komponen madrasah. Upaya pengembangan terus dilakukan. Bahkan pandemi covid-19 selama dua tahun tidak menghalangi gerakan literasi untuk tumbuh di madrasah. 

Tepat tanggal 7 Juni 2022 Bapak Muhammad Zainuddin, S.Pd.,M.Pd.I. telah dimutasi dan dilantik menjadi kepala di MTsN 1 Kediri. Dan Bapak Abbas Sofwan guru MTsN 6 Kediri dilantik menjadi kepala MTsN 7 Kediri. Bersamaan dengan itu pula telah berkumpul kepala Madrasah Seluruh Jawa Timur di MTsN 7 Kediri dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev).  Saat itu pula tim literasi mempersembahkan ekspo produk-produk  literasi MTsN 7 Kediri. Memang tidak seberapa, namun bagi kami momen itu terasa istimewa, karena kami berkesempatan mempublikasikan gerakan dan fakta literasi di madrasah.

Lelah memang, karena 3 hari kami harus mengumpulkan karya-karya literasi yang terserak. Namun, semuanya terbayar karena banyak apresiasi yang muncul dari pengunjung. Meski, kita tak boleh berbangga diri, mengingat masih berjimbun kekurangan, untuk melengkapi program pengembangan literasi. Namun, yang lebih mengharukan kami bisa mempersembahkan kepada bapak kepala madrasah lama, yang selama ini bersama-sama getol menggerakkan literasi, hingga bersama-sama mendirikan Yayasan IGMPL (Ikatan Guru Madrasah Penggerak Literasi), bersama Bapak Dr. Trianto, M.Pd., Bapak Haji Syaihu, dan kawan-kawan yang lain.   Untuk itu ekspo literasi tanggal 7 Juni 2022 lalu adalah kado terindah untuk beliau.


Bapak Abas Sofwan, S.Pd., M.Pd.I, adalah sosok yang tak asing bagi kami. Beliau sangat dikenal publik sebagai guru berprestasi nasional, juga mengantarkan anak-anak didiknya berprestasi, terutama dalam kepramukaan. Meski belum ada serah terima Pak Abas sapaan akrab kami tiba-tiba hadir di Madrasah, dan berada di acara tersebut. Entah sengaja atau kebetulan beliau juga menyempatkan ditempat ekspo. Bagi kami, itu suguhan kami dari tim literasi. Semoga, dasar-dasar literasi yang sudah tertanam di MTsN 7 Kediri semakin tumbuh dan berkembang, karena yang kami tahu Pak Abas juga seorang penulis dan banyak buku yang telah ia tulis. Selamat bertugas di tempat yang baru Bapak Muhammad Zainuddin sang penggali ide, dan selamat datang Bapak Abas Sofwan sosok guru inspiratif.



Tim Literasi

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget