Mengatur Waktu Dalam Belajar


Oleh: putri chakiki


Mengatur waktu dimasa sekarang ini memang gampang-gampang susah. Untuk  kita yang sekarang masih stay at home pasti sudah mengalaminya. Dalam sekejap hari sudah sore tapi merasa belum mengerjakan apa-apa, tugas sekolah juga belum dikerjakan. Karena terlalu sibuk memainkan handphone sehingga tidak mengerjakan tugas yang diberikan dari guru.

Dalam satu hari terdapat 24 jam. Kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan benar dan tepat dalam 24 jam. Hanya saja tidak semua orang bisa produktif menggunakan waktu mereka.

Waktu tidak dapat diputar kembali karena waktu terus berjalan. Kita bisa mengatur waktu dengan benar dan tepat. Bagaimana caranya? Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa membuat list kegiatan yang perlu kita kerjakan. Kita juga perlu membuat target apa saja yang harus kita selesaikan hari ini, dan yang utama adalah disiplin.

Kondisikan Seperti di Sekolah 

Kondisikan suasana belajar seperti disekolah . Tegas terhadap diri sendiri. Untuk belajar, kita bisa pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengerjakan segalanya dengan baik. Usahakan kamu tetap bagun pagi dan mandi pagi. Karena jika tidak mandi akan mempengaruhi mood kamu untuk belajar

Jaga Manajemen Waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang diberikan oleh guru.

Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah  di saat-saat terakhir waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada kita yang melakukan pembelajaran secara daring. 

Penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam gangguan. Jika memungkinkan, sediakan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan dalam belajar.

Diskusi

Belajar di rumah itu perlu diskusi agar mendapatkan apa yang dicari. Diskusi bersama teman dan keluarga sangat penting untuk mengatasi kejenuhan dan rasa bosan dalam belajar.

Waktu adalah Emas. Tetapi waktu yang telah hilang tidak bisa digantikan dengan emas. Bijaklah dalam menggunakan waktu.

Editor: Isna Ariefatul Muhimah

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget