Resafle Kabinet

 

Sumber: Kompas.com

Didampingi Ma'ruf Amin, Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet di Istana Merdeka 


Dikutip dari Radio Andika, Isu reshuffle yang terdengar di tengah masyarakat dalam beberapa hari terakhir menjadi kenyataan. Keenam Menteri Kabinet Indonesia Maju akan diganti oleh Presiden Joko Widodo.


Didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jokowi mengumumkan reshuffle di jajaran kabinetnya pada Selasa 22 Desember tadi Sore. Tepatnya di lokasi yang biasanya digunakan Jokowi untuk mengangkat para Menteri terdahulu, yaitu di Teras Istana Merdeka yang terdapat tangga berundak. Enam orang menteri satu persatu dipanggil dan diperkenalkan, untuk kemudian duduk di kursi di samping kanan dan kiri Jokowi dan Ma'ruf Amin.


Berikut nama-nama calon menteri yang akan menggantikan enam menteri yang lama.


1. Tri Rismaharini, akan menjabat sebagai Menteri Sosial yang kosong setelah Juliari Peter Batubara ditangkap KPK. Penunjukan Walikota Surabaya sekaligus Ketua DPP PDI-P Bidang Kebudayaan ini sesuai prediksi banyak pihak dalam beberapa hari terakhir, di mana sosoknya yang keras diharapkan mampu Memperbaiki Tata Kelola Bantuan Sosial (bansos) COVID-19. Kasus korupsi di Kemensos yang menyeret Juliari Peter Batubara memang membuat Jokowi sangat kecewa, terlebih korupsi ini menyangkut bantuan sosial kepada rakyat kurang mampu untuk penanganan pandemi COVID-19. 


2. Sandiaga Salahudin Uno. Sandiaga yang tercatat menjadi lawan JOKOWI - MA'RUF di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun lalu diberi tangung jawab mengisi jabatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Wishnutama. Sandiaga diharapkan dapat Memulihkan Pariwisata di Indonesia Setelah Wabah.


3. Budi Gunadi Sadikin, mengisi jabatan Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Sosok BUDI sebenarnya tidak berlatar belakang dokter, melainkan malang melintang di dunia perbankan. Sebelum diumumkan sebagaì Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin merupakan Wakil Menteri BUMN, di mana sebelumnya dia adalah profesional yang pernah bekerja di Bank Bali, Bank ABN Amro Indonesia, Bank Danamon, dan Bank Mandiri. Beliau diharapkan dapat Menangani Wabah dan Vaksinasi COVID-19.


4. Kejutan disampaikan Jokowi pada pengumuman nama keempat menteri baru di jajaran kabibetnya. Yaqut Qolil Qoumas, Ketua Umum Gerakan Pemuda Anshor ditunjuk menempati jabatan Menteri Agama menggantikan Fachrur Razi.  Penunjukan Gus Yaqut di luar prediksi banyak pihak, di mana yang banyak disebut akan diangkat sebagai Menteri Agama adalah Yahya Cholil Staquf, yang tak lain adalah kakak kandung Gus Yaqut. Gus Yaqut ditugaskan untuk Meningkatkan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Kelompok Keagamaan dan Isu Halal terkait Vaksinasi COVID-19.


5. Sakti Wahyu Trenggono. Pria yang merupakan  tim sukses Jokowi di Pemilihan Presiden tahun lalu ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan Edhy Prabowo yang saat ini ditahan KPK karena tersandung kasus korupsi. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono merupakan Wakil Menteri Pertahanan dan Keamanan, Komisaris PT. Tower bersama TBK dan Komisaris PT. Merdeka Copper Gold Tbk. Sakti Wahyu Trenggono ditugaskan untuk Memperbaiki Tata Kelola Kebijakan Ekspor Benih Lobster.


6. Muhammad Luthfi, ditunjuk untuk mengisi jabatan Menteri Perdagangan, menggantikan Agus Suparmanto. Menjadi Menteri Perdagangan bukan jabatan baru bagi Muhammad Luthfi, karena jabatan yang sama penah diembannya di periode pertama kepemimpinan presiden Jokowi sebelum akhirnya dipindahkan, diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Muhammad Luthfi diberi PR untuk Memulihkan Kinerja Perdagangan Ekspor Indonesia dan Fokus Menjaga Konsumsi Pasar di dalam Negeri.


Keenam menteri baru yang ditunjuk Jokowi tadi dijadwalkan akan dilantik di Istana Merdeka pada Rabu esok. 


Penulis: Rayhan 7D

Editor: Dinda 8I

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget