Webinar Geliat Literasi Provinsi Jawa Timur Bersama IPP Jatim


  Minggu, 1 November 2020. IPP Jatim telah mengadakan  Webinar geliat Literasi Jawa Timur. Acara ini dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Kegiatan tersebut menghadirkan  4 orang narasumber, yaitu M. Maghfur Qumaidi sebagai ketua IPP Jatim, Ahmad Syaihu sebagai gurusianer, Riful Hamidah sebagai gurusianer, dan Mislinatul Sakdiyah sebagai penasihat IPP Jatim. Selain itu, Mohammad Ihsan selaku CEO Media Guru turut menyemarakkan acara tersebut. Acara ini dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting dan juga live YouTube, karena  pesertanya berasal dari berbagai daerah yang jauh. Menggunakan zoom juga dengan pertimbangan adanya pandemi yang masih mewabah di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

      


Pada awal Webinar, Khoirun Nisak sebagai moderator menyebutkan dan menjelaskan susunan acara yang akan berlangsung. Terdapat lebih dari 300  peserta yang minat dan mengikuti acara tersebut.





Semua peserta sebagian besar dari kalangan guru. namun,  banyak murid dari MTsN 7 Kediri yang mengikuti acara webinar tersebut. Meski ada sedikit kendala mengenai susahnya sinyal di daerah salah satu peserta dari MTsN 7 Kediri yang mengakibatkan suara dari para narasumber tidak terdengar dengan jelas. 

       

Dalam Webinar kali ini diadakan live kuis yang berhadiah menarik. Dengan cara menjawab soal-soal yang telah diberikan oleh panitia dengan tepat, cepat dan benar. Kuis  diadakan setiap satu narasumber selesai memberikan materinya. Salah satu pemenang dari kuis tersebut adalah siswi dari MTsN 7 Kediri. Dia berhasil menjawab salah satu pertanyaan dengan tepat dan cepat. Sebelum peserta mengikuti Webinar ini, diwajibkan untuk mendaftar diri di google formulir yang telah disediakan. Pendaftaran telah dibuka jauh sebelum Webinar dilaksanakan. Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan mendapatkan sebuah link masuk group WhatsApp khusus peserta Wibinar tersebut. 

  Selain materi dari dari pembicara para peserta juga mendapat e-sertifikat peserta. Cara mendapatkan e-sertifikat cukup mudah. Di akhir acara, panitia akan membagikan link daftar hadir, peserta hanya tinggal mengisinya,  ditunggu beberapa menit kemudian, peserta akan mendapatkan  email yang berisikan e-sertifikat yang telah disiapkan. 


Namun, ada pula beberapa peserta yang belum mendapatkan e-sertifikat dari panitia. Padahal mereka sudah menunggu sangat lama. Mungkin dikarenakan link daftar hadir yang agak bermasalah. Para panitia juga telah mengurusnya, karena banyak peserta yang komplain. Perlahan-lahan, seluruh peserta telah mendapatkan e-sertifikat lewat email yang telah mereka terima.


Penulis: Zar-8i

Editor: Han-8d





Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget